candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ENTROK KARYA OKKY MADASARI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Rika Endri Astuti, Yant Mujiyanto, Muhammad Rohmadi

Abstract


Abstract: The purposes of  this research are to :(1) describing the strructural elements of Entrok novel by Okky Madasari, (2) main character psychiatric of Entrok novel by Okky Madasari, (3) education value of Entrok novel by Okky Madasari, and (4) the relevant as literature learning material in Senior High School. The results of this study are as follows. First, the structural elements that build include: the theme of feminism, the characterizations of the main character Marni and Rahayu, groove forward, setting a place located in Magetan, Ngawi, Jogjakarta and Semarang, the standpoint of using the technique of acknowledgment and the message that was delivered was an injustice in the Orde Baru. Second, the psychological analysis of the main characters in the novel Entrok can be understood through through the theory of Sigmund Freud (id, ego and superego) are able to be influenced by factors both inside and outside factors. Third, students value contained in the novel Entrok include religious values form Rahayu religiously devout attitudes, social values that Patrialisme Marni attitudes, moral values exemplified by the attitude when helping Ndari Rahayu, and the value of history is told by recalling the Orde Baru. Fourth, the relevance of novel Entrok literature can be used as learning material in accordance with KD 15.1 and 15.2 in high school, especially in SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Keyword: pshycological, literature, entrok, novel, and school

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan unsur-unsur struktural yang membangun novel Entrok karya Okky Madasari, (2) kejiwaan tokoh utama dalam novel Entrok karya Okky Madasari, (3) nilai didik yang terkandung dalam novel Entrok karya Okky Madasari, dan (4) relevansi novel Entrok karya Okky Madasari sebagai materi pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, unsur struktural yang membangun meliputi: tema feminisme, penokohan dengan tokoh utama Marni dan Rahayu, alur maju, latar tempat berada di Magetan, Ngawi, Jogjakarta dan Semarang, sudut pandang menggunakan teknik akuan dan amanat yang disampaikan adalah ketidakadilan pada masa Orde Baru. Kedua, analisis kejiwaan tokoh utama dalam novel Entrok dapat dipahami melalui melalui teori Sigmund Freud (id, ego dan superego) yang mampu dipengaruhi oleh faktor dalam maupun faktor luar. Ketiga, nilai didik yang terkandung dalam novel Entrok meliputi nilai religius berupa sikap Rahayu yang taat agama, nilai sosialnya sikap Marni yang Patrialisme, nilai moral dicontohkan dengan sikap Rahayu ketika menolong Ndari, dan nilai sejarah diceritakan dengan mengingat kembali masa pemerintahan Orde Baru. Keempat, relevansi novel Entrok bisa dijadikan materi pembelajaran sastra sesuai dengan KD 15.1 dan 15.2  di SMA khususnya di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

 

Kata kunci : psikologi, sastra, entrok, novel dan sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id