candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS: PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Faaqih Hidayaturrakhman Herman, Kundharu Saddhono, Budi Waluyo

Abstract


Abstract: The purposes of this research are to improve: (1) learning process quality and, (2) students skill of writing explanation text using demonstration method. This research was held at State Senior High School 1 Kutowinangun. The results of this research are: 1) demontration method can improving process quality of writing exlanation text learning of XI Science 1 of State Senior High School 1 Kutowinangun in Academic Year of 2015/2016 that shown by improved teacher and students performance. The average value of teacher performance in cycle I is 70,83 (enough) and in cycle II is 81,05 (good). Then average value of students performance in cycle I is 59,3 (bad) and in cycle II is 81,16 (good); (2) the demonstration method can improve students skill of explanation text writting of XI Science 1 of State Senior High School 1 Kutowinangun in Academic Year of 2015/2016 that shown on achive of value minimum completeness, that is 75. The average of students skill of writing explanation text in cycle I is 74,7 with percentage of 62,5% and in cycle II is 82,3 with percentage of 90,9 %.

 

Key words: writing skill, explanation text, demonstration, method

 

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis teks eksplanasi, dan (2) keterampilan menulis teks eksplanasi metode pembelajaran demonstrasi. Tempat penelitian ini di SMA Negeri 1 Kutowinangun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) metode demonstrasi dapat meningkatkan kualitas proses pada pembelajaran menulis teks eksplanasi ditandai dengan meningkatnya kinerja guru dan kinerja siswa. Pada Siklus I nilai rerata kinerja guru sebesar 70,83 (cukup) dan pada Siklus II nilai rerata kinerja guru sebesar 81,05 (baik). Pada Siklus I nilai rerata kinerja siswa sebesar 59,3 (kurang) dan pada siklus II nilai rerata kinerja siswa sebesar 81,16 (baik); (2) metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Kutowinangun Tahun Ajaran 2015/2016 ditandai dengan tercapainya nilai ketuntasan minimal, yakni 75. Pada Siklus I nilai rerata kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebesar 74,7 dengan persentase sebesar 62,5% dan pada siklus II nilai rerata kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebesar 82,3 dengan persentase sebesar 90,9%.

 

Kata kunci: keterampilan menulis, eksplanasi, metode, demonstrasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id