candi borobudur kerajaan di indonesia

KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMP

Elisa Elisa, Nugraheni Eko Wardhani, Suyitno Suyitno

Abstract


Abstract : The purposes of this study are to describe: (1) the intrinsic elements of novel Ibuk by Iwan Setyawan; (2) the psychological aspects of the characters; (3) the values of character education in the novel Ibuk; and (4) the relevance of novel Ibuk as materials in the Indonesian language and literature study in junior high school. This research was conducted with qualitative methods and contents analysis approach. Conclusions of this thesis are (1) the intrinsic structure of novel Ibuk includes theme, plot, characters, setting, point of view, dialogue, story-telling style and speeches; (2) as the human characters in the novel Ibuk have the common of goods for survival; (3) the story in the novel Ibuk contains values character education; and (4) novel Ibuk is relevant novel was made in Indonesian Language learning materials.

 

Keywords: novel, intrinsic, psychology aspects, relevance to the study

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Ibuk karya Iwan Setyawan; (2) aspek psikologis tokoh; (3) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ibuk; dan (4) kesesuaian novel Ibuk sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan analisis isi. Simpulan yang dihasilkan, yakni: (1) struktur intrinsik novel Ibuk meliputi tema, alur, penokohan, latar, sudut pandang, dialog, gaya bercerita dan amanat; (2) sebagai manusia tokoh dalam novel Ibuk memiliki kebutuhan untuk dapat bertahan hidup; (3) kisah dalam novel Ibuk mengandung nilai-nilai pendidikan karakter; dan (4) novel Ibuk merupakan novel yang relevan dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia..

 

Kata kunci: novel, unsur intrinsik, aspek psikologi, relevansi dengan pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id