candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA NEGOSIASI DENGAN PENERAPAN METODE ROLE PLAYING

Ardiyan Eko Saputro, Slamet Mulyono, Sri Hastuti

Abstract


Abstract: The aims of this research are to improve: (1) students motivation to learn in learning to speaking negotiaton; and (2) students skill  to speaking negotiatin in class X IIS 3 SMA Batik 2 Surakarta by applying role playing method. This research is Classroom Action Research (CAR) which is implemented in two cycles. Each cycle consists of four stages: (1) planning, (2) the implementation phase, (3) the stage of observation and interpretation, (4) stage of analysis and reflection. Pre-cycle of students motivation to learn is 10,17 less categories, in the cycle I was increased by 12,87good categories, and in the cycle II was increased to be 13,90 good categories. Increased students speaking negotiation skill can also be seen from the increasing number of students who can speaking negotiation and can reaches the score ≥75 in each cycle. In the first  survey, the average value of negotiate students speaking skill is 57,22 by completeness percentage learning is 16,66%. On the cycle I was 74,67 by completeness percentage learning is 50% and in the second cycle was 85 by completeness percentage learning is 93,33%.

 

Keywords : motivation to learn, speaking negotiation skill, role playing method

 

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) meningkatnya motivasi siswa dalam pembelajaran berbicara negosiasi; dan (2) meningkatnya keterampilan berbicara negosiasi pada siswa kelas X IIS 3 SMA dengan menerapkan metode role playing. Jenis penelitia ini merupakan penelitian tindakan kelas Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Motivasi belajar siswa pada prasiklus, yaitu 10,17 kategori kurang, pada siklus I meningkat 12,87 kategori baik, dan pada siklus II meningkat 13,90kategori baik. Peningkatan keterampilan berbicara negosiasi siswa juga dapat dilihat dari meningkatknya jumlah siswa yang dapat berbicara negosiasi mencapai skor ≥75 pada setiap siklus. Pada survei awal, nilai rata-rata keterampilan berbicara negosiasi siswa adalah 57,22 dengan persentase ketuntasan belajar 16,66%. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 74,67 dengan persentase ketuntasan belajar 50% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 85,00 dengan persentase ketuntasan belajar 93,33%.

 

Kata Kunci: motivasi belajar, berbicara negosiasi, metode role playing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id