candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL

Resa Nurul Fahmi, Amir Fuady, Herman J Waluyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan  tokoh utama dalam mendukung keutuhan karya sastra, nilai-nilai pendidikan karakter, dan penggunaan hasil kajian novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral sebagai bahan ajar bagi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, tokoh Ical sebagai tokoh utama digambarkan melalui 3 dimensi, yaitu dimensi fisiologis sebagai sosok anak laki-laki berusia 3-12 tahun, berperawakan ramping, dan gagah; dimensi sosiologis, Ical merupakan keturunan Lampung dan Batak yang mudah bergaul dan memiliki jiwa kepemimpinan di masyarakat; dimensi psikologis, Ical mendapatkan pendidikan yang baik di keluarga dan terbuka menceritakan permasalahan kepada orangtua. Kedua, novel Anak Sejuta Bintang mengandung 13 nilai karakter, yaitu religius, toleransi,  disiplin,  kerja keras,  kreatif,  demokratis, rasa ingin tahu,  cinta tanah air, menghargai prestasi  bersahabat/komunikatif, cinta damai,  peduli sosial, dan  tanggung jawab. Ketiga,  novel Anak Sejuta Bintang dapat dijadikan bahan pembelajaran sastra novel di SMA.

Keywords


tokoh utama, nilai karakter, bahan ajar, Anak Sejuta Bintang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id