PENERAPAN METODE PQRST UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA
Nurul Hidayah, Sarwiji Suwandi, Sri Hastuti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan metode PQRST. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII C SMP N 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bawa terdapat peningkatan minat membaca pemahaman siswa dari siklus ke siklus dengan berkurangnya jumlah siswa yang memiliki minat membaca pemahaman kurang dan cukup serta bertambahnya jumlah siswa yang memiliki minat membaca pemahaman tinggi dan sangat tinggi dan peningkatan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa yang pada kondisi awal hanya 61,5 pada silkus I meningkat menjadi 70,3 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,6.