candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE PQRST UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

Nurul Hidayah, Sarwiji Suwandi, Sri Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca pemahaman dengan menerapkan metode PQRST. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII C SMP N 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bawa terdapat peningkatan minat membaca pemahaman siswa dari siklus ke siklus dengan berkurangnya jumlah siswa yang memiliki minat membaca pemahaman kurang dan cukup serta bertambahnya jumlah siswa yang memiliki minat membaca pemahaman tinggi dan sangat tinggi dan  peningkatan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa yang pada kondisi awal hanya 61,5 pada silkus I meningkat menjadi 70,3 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,6.

Keywords


metode, PQRST, membaca pemahaman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id