PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Winda Budiastuti
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis puisi melalui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, tes, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis puisi siswa dari siklus I ke siklus II. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan: (1) motivasi siswa dari siklus I ke siklus II yang cukup signifikan; (2) rata-rata nilai karya siswa, yaitu dari 51,06 pada pratindakan menjadi 7,11 pada siklus I dan 80,57 pada siklus II.
Kata kunci: motivasi, menulis puisi, keterampilan, pendekatan kontekstual