PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KEMAMPUAN MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KABUPATEN NGAWI
Abstract
Abstract: The aims of this research are to test the effectiveness of CIRC learning model and the reading ability of the students writing narrative skill. The method that is use in this reseacrh was kuasi experiment and the research design was pre-test, post-test, non-equivalent control group design (Factorial 2x2). The research population was the seventh grade students of SMP N 1 Kasreman and the seventh grade students of SMP N 1 Padas in the academic year 2011/2012. The sample consist of two groups, they were the students of class VII-B SMP N 1 Kasreman and the students of class VII-C SMP N 1 Padas. As control groups is the students of class VII-C SMP N 1 Kasreman and the students of class VII D SMP N 1 Padas as experiment groups. The sample was took by using cluster random sampling. Dependent variabel was writing narrative skill, while independent variables were learning model (CIRC learning model and conventionla learning) and reading ability (high and low). The results of this research are: (1) there was a significant difference of the influence between the implementation of CIRC learning model and convensional learning model in students writing narrative skill that shown by
analisis result T-test (th> tt or 3,423>1,980); (2) there was not significant differenceopf the influence between high reading ability and low reading ability in students writing narrative skill that shown by analysis result T-test (th> tt or 13,321>1,980); and (3) there was not influence interaction between the implementation of learning model and the reading ability in students writing narrative skill that shown by 2 path ANOVA (F0>Ft or 103,41> 3,94; F0>Ft or 80,17 > 3,94; F0>Ft or 96,53> 3,94; F0>Ft or 97,57> 3,94).
Keyword: learning, model CIRC, reading ability, writing narrative, eksperimen
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran CIRC dan kemampuan membaca terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (kuantitatif) dan menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain penelitian pre-test post-test non-equivalent control group design (Faktorial 2x2). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Kasreman Ngawi dan SMP N 1 Padas Ngawi tahun pelajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari dua kelompok, yakni siswa kelas VII-B SMP N 1 Kasreman Ngawi dan siswa kelas VII-C SMP N 1 Padas Ngawi. Kelompok kontrol adalah siswa kelas VII-C SMP N 1 Kasreman Ngawi dan siswa kelas VII-D SMP N 1 Padas Ngawi sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Variabel terikatnya adalah keterampilan menulis narasi, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran (model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran konvensional) dan kemampuan membaca (tinggi dan rendah). Hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran konvensional terhadap keterampilan menulis narasi siswa yang ditunjukkan dengan hasil analisis Uji-t (th> tt atau 3,423>1,980); (2) ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca tinggi dan kemampuan membaca rendah terhadap keterampilan menulis narasi siswa yang ditunjukkan dengan hasil analisis Uji-t (th> tt atau 13,321>1,980); dan (3) ada interaksi pengaruh antara penerapan model pembelajaran dan kemampuan membaca terhadap keterampilan menulis narasi siswa yang ditunjukkan dengan analisis ANOVA 2 jalur di tiap selnya (F0>Ft atau 103,41> 3,94; F0>Ft atau 80,17 > 3,94; F0>Ft atau 96,53> 3,94; F0>Ft atau 97,57> 3,94).
Kata kunci: pembelajaran, model CIRC, kemampuan membaca, menulis narasi, eksperimen
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta
Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939
Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id