candi borobudur kerajaan di indonesia

KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN NILAI KERJA KERAS DALAM NOVEL RANTAU 1 MUARA KARYA FUADI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

Wina Yunita, Sarwiji Suwandi, Edy Suryanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (1) unsur intrinsik;(2) aspek kepribadian tokoh utama;(3) nilai pendidikan karakter; dan(4) relevansi kepribadian tokoh utama dan nilai pendidikan karakter dalam novel Rantau 1 Muara karya Fuadi dengan pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan unsur intrinsik yang membangun meliputi: tema pendidikan, alur campuran, latar tempat di Bandung, Jakarta, Maninjau, Amerika, dan Ingrris, penokohan, sudut pandang menggunakan teknik akuan, dan amanat untuk konsisten dalam mengejar cita-cita. Tokoh dan penokohan tokoh utama dalam novel Rantau 1 Muara digambarkan melalui tiga dimensi, yaitu dimensi fisiologis, psikologis, dan sosiologis. Melalui ketiga dimensi tersebut didapatkan penokohan tokoh utama, Alif dan Dinara. Kepribadian tokoh utama dalam novel, dianalisis menggunakan teori psikoanalisis Freud yang meliputi tiga struktur kepribadian Id, Ego, dan Superego. NovelRantau 1 Muara juga mengandung nilai pendidikan kerja keras yang ditemukan pada tokoh utama, Alif dan Dinara. Novel Rantau 1 Muara relevan dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA kelas XII.
Kata kunci: psikologi sastra, kepribadian, nilai pendidikan, kerja keras, novel Rantau 1 Muara.


Abstract:This study aims to describe and explain (1) the intrinsic element;(2) personality aspect of the main character;(3) character education; and(4) the relevance of the personality of the main character and the value of character education in the novel Rantau 1 Muara Fuadi with learning literature appreciation in High School.This research is a descriptive-qualitative research which used psychology literature approach. The data collection techniques used in this study were document analysis techniques and interviews. The data validity techniques used were data triangulation and source triangulation.The results of this research showed that the structural elements that build include: the theme of education, groove mix, setting a place located in Bandung, Jakarta, Maninjau, America, and England, the personality, the standpoint of using the technique of acknowledgment and the message to consistently pursue ideals.Through the three dimensional character is obtained figures of Alif and Dinara. The personality of the main characters in the novel, analyzed using Freud’s psychoanalytic theory which includes three personality structures Id, Ego, and Superego. Novel Rantau 1 Muara also contains the value of hard work education found on the main characters, Alif and Dinara. Novel Rantau 1 Muara is relevant to the learning of literature appreciation in high school class XII.
Keywords: literary psychology, personality, value of education, hard work, novel Rantau 1 Muara.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id