candi borobudur kerajaan di indonesia

KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS: BENTUK, FAKTOR PENYEBAB, DAN UPAYA MENGATASI

Utari Kismawati, Sumarwati Sumarwati, Nugraheni Eko Wardhani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan content analysis. Partisipan penelitian ini adalah 130 karangan siswa kelas X IIS Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen (content analysis) dan wawancara mendalam (in-dept interview-ing). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kesalahan bahasa dalam karangan eksposisi siswa dibagi menjadi tiga kesalahan: kesalahan kalimat, kesalahan diksi, dan kesalahan ejaan. Kedua, kesalahan ejaan adalah kesalahan yang paling banyak ditemukan pada karangan eksposisi siswa dengan frekuensi tertinggi pada penggunaan tanda koma. Ketiga, faktor penyebab kesalahan bahasa pada karangan eksposisi siswa, antara lain: minimnya pengetahuan siswa tentang kaidah penulisan, minimnya motivasi membaca siswa, kecenderungan siswa menomorduakan tata tulis dibandingkan ide karangan, kebisaan siswa untuk tidak merevisi karangan sebelum dikumpulkan, suasana kelas yang tidak kondusif, dan tuntutan kompetensi menulis yang sebatas benar secara struktur teks. Keempat, upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa, antara lain guru segera mengklarifikasi kesalahan berbahasa siswa yang ditemukan dalam pembelajaran, antar-siswa melakukan aktivitas saling-baca karangan sebelum dikumpulkan kepada guru, dan penambahan alokasi waktu untuk aktivitas menulis di kelas.

Kata kunci: analisis, kesalahan berbahasa, karangan eksposisi

Abstract: The research population was all tenth grade Social students of Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Surakarta. The research method used was qualitative method using descriptive-qualitative approach. The participants of the research were one hundred thirty (130) Social students’ works. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection techniques were content analysis and in-depth interviewing. Data analyzing used was interactive analysis model. The followings are the conclusions of the research. First, three types of language errors in students’ exposition text are sentence error, diction error, and spelling error. Second, the most detected type of error is spelling error in which the use of comma has the highest percentage. Third, the casual factors of language error were as follow: the students know less about writing principles; the students have less motivation to read; the students tend to emphasize the idea rather than writing principle; the students tend to be lazy to do editing before submitting their works; the class condition is not supportive; and the students are demanded to write structurally correct. Fourth, some efforts done to minimize language error: teachers give clarification immediately when they notice language error; cross-reading among students before submitting their works; and more writing activities in class.

Keywords: analysis, language error, exposition text

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id