candi borobudur kerajaan di indonesia

KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Novia Rahmah Bastian, Suyitno Suyitno, Chafit Ulya

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur intrinsik novel Bidadari Bermata Bening; (2) beban psikologis tokoh utama; (3) nilai-nilai pendidikan karakter; (4) kedudukan novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy dalam perspektif pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) setiap unsur novel memiliki keterkaitan dengan unsur yang lain sehingga membuat cerita yang padu. (2) analisis psikologi untuk beban psikologis tokoh utama menggunakan teori analisis Sigmund Freud yang meliputi tiga unsur kepribadian yaitu id, ego, dan superego. (3) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. (4) novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El-Shirazy dapat digunakan sebagai materi pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata kunci: novel, psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, perspektif pembelajaran
Bahasa Indonesia


Abstract: The purpose of this research is to describe and explain: (1) intrinsic element of novel Bidadari Bermata Bening; (2) psychological burden of the main character; (3) character education values; (4) the position of novel Bidadari Eye Bening by Habiburrahman El-Shirazy in Indonesian Language Learning perspective. This research was conducted by qualitative descriptive method and using psychology approach of literature. The results of this study indicate that: (1) each element of the novel has relevance with other elements so as to make the story coherent. (2) psychological analysis for the psychological burden of the main character using Sigmund Freud's theory of analysis which includes the three elements of personality namely id, ego, and superego. (3) the values of character education contained in the novel include religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, curiosity, respectful achievement, friendly / communicative, peace loving, social caring, and responsibility. (4) novel Bidadari Bermata Bening by Habiburrahman El Shirazy can be used as Learning material of Bahasa Indonesia.

Keywords: novel, literary psychology, character education value, Indonesian learning perspective

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id