candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DAN KEBIASAAN MEMBACA MEDIA MASSA CETAK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN SERENGAN KOTA SURAKARTA

Novi Iswandari, Budhi Setiawan, Chafit Ulya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan hubungan antara penguasaan kalimat efektif dan kebiasaan membaca media massa cetak dengan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah survei korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 126 siswa atau 29% dari jumlah populasi sebanyak 436 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tiga instrumen (1) tes keterampilan menulis teks berita; (2) tes penguasaan kalimat efektif; dan (3) angket kebiasaan membaca media massa cetak. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment (sederhana dan ganda) dan regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kalimat efektif (X1) dan kebiasaan membaca media massa cetak (X2) secara bersama-sama memberi kontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita (Y) sebesar 48%.

Kata kunci: teks berita, kalimat efektif, membaca media massa cetak

Abstract: This research is a quantitative research that aims to describe about the correlation between effective sentence mastery and reading habit of printed mass media with news text writing skills independent or together. The method used is correlational survey. The sample in this study is 126 students or 28% from the total population of 446 students. Thesample determined by cluster random sampling technique. Research data were obtained through three instruments (1) test of news text writing skills; (2) effective sentence mastery test; and (3) questionnaire of reading habit of printed mass media. Data analysis technique used is product moment correlation (simple and double) and regression. The result of this research show effective sentences mastery (X1) and reading habit of printed mass media (X2) together contributes 48% to news text writing skills (Y).
Keywords: news text, effective sentence mastery, reading printed mass media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id