candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS TEKS BIOGRAFI PADA KELAS INKLUSI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS DI SMAN 8 SURAKARTA)

Gilang Jaka Sanjaya, Muhammad Rohmadi, Purwadi Purwadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis data. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi metode, dan review informan. Taknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang: (1) komponen RPP yang disusun oleh guru sesuai dengan Permendikbud, namun kesesuaian isi belum dapat dikatakan baik; (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara berbasis teks biografi di kelas inklusi SMAN 8 Surakarta telah dilakukan berdasarkan kurikulum 2013; (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran berupa pemberian soal-soal remidi;(4) kendala yang dihadapi guru mata pelajaran bahasa Indonesia pada pembelajaran teks biografi di SMAN 8 Surkarta. Kendala guru meliputi (a) kurangnya pemahaman mengenai bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan siswa berkebutuhan khusus tunadaksa wicara; (b) tidak ada guru pendamping khusus untuk ABK; (c) siswa berkebutuhan khusus cenderung menutup diri, dan (d) kurangnya penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran. (5) upaya yang dilakukan guru bahasa Indonesia SMAN 8 Surakarta dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran teks biografi di kelas inklusi.

Kata kunci: teks biografi, inklusi, kelas X

Abstract: This research is a case study research. The sampling technique was purposive sampling. Data sources used are events, informants and documents. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, and data analysis. Data validity test used is source triangulation, method triangulation, and informant review. The data analysis technique used is an interactive analysis model. The results of this study are descriptions of: (1) RPP components prepared by teachers in accordance with Permendikbud, but the conformity of the contents can not be said either; (2) the implementation of biographical text-based speech-learning in the inclusion class of SMAN 8 Surakarta has been conducted based on the 2013 curriculum; (3) evaluations conducted by subject teachers in the form of giving remedial questions; (4) obstacles faced by Indonesian subject teachers in learning biographical texts at SMAN 8 Surkarta. Teacher constraints include (a) lack of understanding of sign language to communicate with students with special needs for quadriplegic speech; (b) there is no special teacher for ABK; (c) students with special needs tend to close themselves, and (d) lack of use of the media as a medium of learning media. (5) efforts made by Indonesian language teachers at SMAN 8 Surakarta in addressing the problems faced in learning biographical texts in the inclusive class.
Keywords: biographical text, inclusion, class X

Keywords: biography text, inclusion, class X

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id