candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS STILISTIKA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LIRIK-LIRIK LAGU FOURTWNTY ALBUM LELAKU SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA

Arina Dicka Maretta, Elisabeth Nugraheni Eko Wardani, Atikah Anindyarini

Abstract


Abstrak: Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan analisis stilistika untuk mendeskripsikan adanyagaya bahasa, pilihan kata, citraan, nilai-nilai pendidikan karakter, serta relevansi lirik-lirik lagu Fourtwnty album Lelakusebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isidan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan teori. Penelitian ini menghasilkan adanya (1) gaya bahasadidominasi oleh sinpoke, repetisi epizeuksis, dan simbolik yang mampu menciptakan efek estetis, khas, serta penegasan;(2) pilihan kata didominasi oleh konotatif dan sapaan khas serta nama diri yang dapat menciptakan keindahan dan kekhasan; (3) citraan didominasioleh citra penglihatan yang mampu membangkitkan imaji pembaca; (4)nilai-nilai pendidikan karakter didominasi oleh nilai religius, kerja keras, komunikatif, dan cinta damai yang diharapkan dapat membentuk karakter pembaca; serta (5) Lirik-lirik lagu Fourtwnty album Lelakudapat digunakan dan dikembangkan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X khususnya materi apresiasi puisi pada kompetensi dasar 3.8 dan 4.8.

Kata Kunci : stilistika, puisi, bahan ajar, majas, diksi, citraan

Abstract: This is descriptive qualitative research using stylistic analysis to describe the existence of language style, diction, image, educational values of the character, and the relevance of the lyrics of Fourtwnty album Lelaku as a teaching material for Indonesian language learning at high school. Data collection techniques use content analysis and interviews. Validity test of data using medhod triangulation techniques and theory. The results of this study indicate (1) the language style dominated by sinpoke, repetition epizeuksis, and symbolic able to create aesthetic effects, typical, and affirmation; (2) diction is dominated by connotative and typical greetings and names that can create beauty and uniqueness; (3) the image is dominated by vision capable of generating the image of the reader; (4) the values of character education are dominated by religious values, communicative, hard work, and peaceful love that is expected to shape the character of the reader; and (5) The lyrics of Fourtwnty's album Lelaku can be used and developed as learning materials of class X Indonesian language especially poetry appreciation material on basic competence 3.8 and 4.8.

Keywords : stylistic, poetry, teaching materials, majas, diction, image

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id