candi borobudur kerajaan di indonesia

KESANTUNAN TINDAKTUTUR DIREKTIF DALAM NOVEL TERJEMAHAN HARRY POTTER TAHUN 1 DAN 2 KARYA J. K. ROWLING SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP

Agus Sriyatmoko, Purwadi Purwadi, Raheni Suhita

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif dalam novel Harry Potter tahun 1 dan 2 karya J.K Rowling, (2) bentuk kesantunan berbahasa, (3) relevansi novel Harry Potter tahun 1 dan 2 dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa di SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan analisis data menggunakan model analisis interaktif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur direktif dan pematuhan prinsip kesantunan yang terdapat dalam novel Harry Potter tahun 1 dan 2 karya J.K Rowling adalah sebagai berikut: (1) tindak tutur; permintaan, pertanyaan, memerintah, larangan, pemberian izin, dan bentuk tuturan direktif menasihati yang berjumlah 419 data;(2) pematuhan prinsip kesantunan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung ditemukan sebanyak 118 data;(3) novel Harry Potter tahun 1 dan 2 karya J. K. Rowling ada keterkaitandengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kata kunci: tindak tutur, kesantunan berbahasa, pembelajaran.

Abstract: The purpose of this study is to describe (1) the form of directive speech acts in JK Rowling's Harry Potter novels year 1 and 2, (2) the form of language politeness, (3) the relevance of the Harry Potter novelsyear 1 and 2 in Indonesian language learning to students in middle school. The data collection technique used in this study was purposive sampling and data analysis used an interactive analysis model. The results of this study indicate that the form of directive speech acts and compliance with the principles of politeness contained in the Harry Potter novels year 1 and 2 by J. Rowling are as follows: (1) speech acts; requests, questions, rules, prohibitions, granting permits, and directive forms of counseling which numbered 419 data; (2) compliance with the principles of teacher and student politeness during the learning process is found as many as 118 data; (3) Harry Potter novels year 1 and 2 by J. K. Rowling are related to literary learning in junior high schools.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id