candi borobudur kerajaan di indonesia

KELAYAKAN BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK

Rina Dewi Astuti, Sarwiji Suwandi, Budi Waluyo

Abstract


Abstract: This research aims to describe the content feasybility, presentation feasibility, language feasibility, and explain about level of legibility of Coursebook Indonesian Class X entitled Ekspresi Diri dan Akademik.This study includes on qualitative descriptive research with the main data is the Coursebook Indonesian Class X entitled “Ekspresi Diri dan Akademik”. Research techniques used in this study is content analysis techniques. Seen from the data analysis it can be concluded that: (1) the materials contained in BIEDA can be refered as a coursebook with very decent material, which amounted to 98%; (2) presentation used coursebook has been very decent, which amounted 91,6%; (3) there are 199 error in languge standard levels, in spelling, on diction, in word, sentence, and in paragraphs; and (4) level of legibility reading by studentby students, which is indicated by the average of the SMA N 4 Surakarta score 57% answer that can be answered correctly, and which is indicated by the high of the SMA N 4 Surakarta score 37% answer that can be answered correctly.

 

Keywords: content feasybility, presentation feasibility, language feasibility, level of legibility

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kelayakanisi/materi, kelayakan penyajian, kebahasaan, dan menjelaskan tingkat keterbacaan buku pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber utama buku teks Bahasa Indonesia kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (a) materi-materi yang terkandung dalam BIEDA dapat disebut sebagai buku teks yang sangat layak, yakni sebesar 98%, (b) bentuk penyajian yang digunakan layak, yakni 91,6%, (c) masih terdapat 199 kesalahan kebahasaan, yaitu kesalahan pada ejaan, kesalahan pada diksi, pada kesalahan pada kata,  kesalahan pada kalimat, dan  kesalahan pada paragraf, dan (d) tingkat keterbacaan bacaan yang sedang untuk dipahami siswa di SMA N 4 Surakara, yakni 57% jawaban yang dapat dijawab dengan benar, dan tingkat keterbacaan bacaan yang tinggi untuk dipahami siswa di SMA Batik 1 Surakara, yakni 37% jawaban yang dapat dijawab dengan benar.

 

Kata Kunci : kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, tingkat keterbacaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id