candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI SMA NEGERI 1 WONOSARI KLATEN

Ayunesha Awis Wardani - -, Trisno Martono - -, Harini - -

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk membuktikan ada tidaknya (1) pengaruh keaktifan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar; dan (2) perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Populasi yang digunakan adalah peserta didik/siswa berjumlah 683, yang dibagi menjadi 20 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik proportionate random sampling serta pengambilan sampel dengan cara undian. Deskriptif dengan jenis penelitian korelasi sebab-akibat dipilih sebagai metode dalam penelitian yang dilakukan. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik angket untuk data keaktifan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler dan teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data dipilih sesuai tujuan penelitian, yaitu uji regresi linier sederhana dan uji independent sampel t test, menggunakan signifikansi 0,10.

Hasil penelitiannya adalah, pertama, ada pengaruh yang signifikan diantara keaktifan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa (t hitung = 2,928 > t tabel = 1,990 dan signifikansi 0,004 < 0,10). Siswa yang memiliki nilai keaktifan yang tinggi pada  kegiatan ekstrakurikuler mendapat prestasi belajar tinggi. Kedua, ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti dan aktif di kegiatan ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak mengikuti dan aktif di kegiatan ekstrakurikuler (t hitung = 2,458 > t tabel = 1,6549 dan signifikansi 0,015 < 0,10). Siswa yang aktif di kegiatan ekstrakurikuler mendapatkan prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang tidak aktif berkegiatan ekstrakurikuler.

 

This research aimed to find out whether or not there is (1) an effect of students’ activeness in extracurricular activity on learning achievement;and (2) a difference of learning achievement between the students attending extracurricular activity and those not attending.  

The population of research was all of the 10th and the 11th graders in SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. The sample of research was selected using proportionate random sampling technique. This research employed a descriptive research method with questionnaire technique for the data of students’ activeness in extracurricular and documentation technique for the data of students’ learning achievement. Data analysis was carried out using simple linear regression and independent sample t-test at significance level of 0.10. 

The results of research were as follows. Firstly, there is a significant effect of the students’ activeness in extracurricular on the students’ learning achievement (t statistic = 2.777 > t table = 1.990 and significance value = 0,004 < 0,10). The students with high score in the activeness in extracurricular activity obtained good learning achievement. Secondly, there was a difference of learning achievement between the students attending extracurricular activity and those not attending (t statistic = 2,458 > t table = 1,6549 and significance value = 0.017 < 0.10). The students attending extracurricular activity better had learning achievement than those not attending.


Keywords


kegiatan ekstrakurikuler, prestasi belajar, keaktifan siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


visitors

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pendidikan Bisnis dan ekonomi oleh https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.