Tata Arta

Jurnal Pendidikan Akuntansi

Terakreditasi ISSN : 2503 - 4690


 

Journal Homepage Image

 

Jurnal Tata Arta terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini berisikan artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian mahasiswa dan dosen di bidang kependidikan akuntansi yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

 

 

Ketua Penyunting :

Nurhasan Hamidi, S.E., M.Sc., Ak., CA.

 

Penyunting Pelaksana :

Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.

Prof. Dr. Siswandari, M.Stats.

Dr. Sudiyanto, M.Pd.

Dr. Susilaningsih, M.Bus.

 

Administrator :

Abidah Dwi Rahmi Satiti, S.Pd., M.Pd.

 

Alamat Penyunting :

Gedung B Lantai 1 FKIP UNS

Jalan Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta

Telepon : (0271) 669124/ 648939

Homepage : www.jurnal.fkip.uns.ac.id

Email : tataarta2015@yahoo.co.id

 

 

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL PADA JURNAL TATA ARTA


 A.  Ketentuan Umum

Ketentuan penulisan artikel hasil skripsi adalah sebagai berikut:

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang artikel antara 15-20 halaman, diketik dalam kertas ukuran A-4, spasi 1,5, huruf Times New Roman ukuran 12.
  2. Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah. Artikel disertai judul pada masing-masing bagian artikel.  Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian. Contoh pemeringkatan pemakaian huruf adalah sebagai berikut ini.

Peringkat 1 : HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI

Peringkat 2 : Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri

Peringkat 3 : Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri

 

B. Format Artikel

Pada umumnya, format artikel berbahasa Indonesia adalah sebagai berikut ini.

JUDUL

Nama penulis (tanpa gelar akademik)

             Abstract & Keywords

             Abstrak & Kata kunci

             PENDAHULUAN

             METODE 

             HASIL  PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

             SIMPULAN DAN SARAN

      Ucapan terima kasih (bila diperlukan)

      DAFTAR PUSTAKA

 

Di bawah ini diuraikan penjelasan tiap-tiap bagian pada format di atas

  1. judul, panjang  judul antara 8 hingga 15 kata
  2. nama penulis dan nama instansi, nama-nama penulis (mahasiswa, pembimbing 1, dan pembimbing2) tanpa disertai gelar dan diikuti nama instansi serta alamat korespondensi atau e-mail
  3. abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian, maksimal 200  kata yang disajikan dalam satu paragraf
  4. kata kunci berjumlah antara 3 hingga 5 kata atau kelompok kata yang merefleksikan konsep-konsep penting yang berkaitan dengan masalah penelitian dan tempatnya di bawah abstrak
  5. pendahuluan berisi: (i) latar belakang masalah, (ii) tujuan penelitian, (iii) kajian pustaka
  6. metode penelitian yang memuat informasi penting tentang pendekatan, sumber data/populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  7. hasil penelitian disajikan secara padat dan kalau perlu mempergunakan tabel/gambar; dalam hasil penelitian dan pembahasan diberi subjudul-subjudul yang sesuai dengan fokus kajian
  8.  pembahasan di dalamnya  menyampaikan jawaban terhadap rumusan masalah, temuan–temuan penting penelitian, paparan logika diperolehnya temuan, dan interpretasi temuan
  9. simpulan dan sarankesimpulan tidak sekedar mengemukakan kembali temuan penelitian, tetapi juga mengemukakan sesuatu yang dibuat berdasarkan temuan itu
  10. daftar pustaka yang disusun secara alfebetis dan  hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam penulisan artikel dengan sistematika mengikuti contoh di bawah ini. Pustaka yang menjadi sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutama­kan adalah sumber-sumber primer,  baik berupa temuan dalam artikel-artikel penelitian dalam jurnal/majalah ilmiah  dan laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) maupun buku teks. 

 

DAFTAR PUSTAKA

American Psychological Association. (2012). Publication Manual of the American Psychological Association (6th  ed.). Washington, DC.

Gall, M.D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2003). Educational Research an Introduction (7th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Gunawan, A.W.,  Achmadi, S.S., & Arianti, L. (2008). Pedoman Penyajian Karya Ilmiah (Edisi ke-2). Bogor: IPB Press.

Sagor, R., (2000). Guiding School Improvement with Action Research. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sugiharti, A. (2011). Penerapan Diskusi Kelompok disertai Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas Oral  dan Kemandirian Belajar Biologi Siswa Kelas X-J SMA Negeri 1 Kartasura. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian (Edisi ke-2). Surakarta: UNS Pres.

Universitas Negeri Malang. (2007). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Makalah, Laporan Penelitian (Edisi Ke-4). Malang.

 


Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi

Table of Contents

Articles

PERBEDAAN FINANCIAL LITERACY MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNS BERDASARKAN KECERDASAN INTELEKTUAL DAN TEMPAT TINGGA PDF
Tatas Sisyawati, Ngadiman ., Sohidin .
HUBUNGAN LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU TEMAN SEBAYA DENGAN KEBIASAAN MENABUNG PDF
Dina Shofa Ulfi, Siswandari ., Dini Octoria
KEEFEKTIFAN MODEL E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 1 PDF
Renita Amelia Nurul Hutami, Sudiyanto ., Elvia Ivada
STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA KARTU AKUNTANSI DAN MAKE A MATCH PDF
Marina Anugrawati, Sri Sumaryati, Jaryanto .
PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI SISWA SMK PDF
Dea Vitta Shelviyani, Sigit Santoso, Binti Muchsini
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CAKRAM DIGITAL (CD) INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 1 SUKOHARJO PDF
Citra Dewi Paramitha, Siswandari ., Elvia Ivada
PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PDF
Febriani Melianawati, Siswandari ., Renata Zoraifi
KEEFEKTIFAN SELF ASSESSMENT DAN PEER ASSESSMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI RANAH PSIKOMOTOR SISWA SMK PDF
Titi Rotingah, Sudiyanto ., Binti Muchsini
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LITERASI KEUANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET PDF
Eka Widyayu Wardani, Susilaningsih ., Khresna Bayu Sangka
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERPAJAKAN DI SMK PDF
Naili Rocha, Sigit Santoso, Binti Muchsini
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SURAKARTA PDF
Bangkit Dwi Nugroho, Sri Witurachmi, Sohidin .
PENGEMBANGAN MODUL KOMPUTER AKUNTANSI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PDF
Devita Eka Fitriani, Jaryanto ., Renata Zoraifi
PENINGKATAN KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII AK B SMKN 3 SUKOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016 PDF
Nurul Widayati
PENGEMBANGAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) BERBASIS WEBSITE DI SMK NEGERI JATIPURO KARANGANYAR UNTUK MENINGKATKAN KETERSERAPAN LULUSAN DI DUNIA KERJA PDF
Dhany Efita Sari, Sigit Santoso, Susilaningsih .
PORTFOLIO INVESTMENT: BAHAN STUDI LITERASI KEUANGAN DALAM BIDANG INVESTASI SAHAM YANG MENGUNTUNGKAN PDF
Imam Hasan
MODEL PEMBELAJARAN AKUNTANSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN LESSON STUDY DI PERGURUAN TINGGI PDF
Binti Muchsini