candi borobudur kerajaan di indonesia

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA MENJADI GURU PADA PRODI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS

Muhammad Wildan, Susilaningsih -, Elvia Ivada

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang dapat  memengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi guru pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS angkatan 2012-2015 yang berjumlah 259 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2012 berjumlah 66 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat  memengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi guru pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS adalah Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan bantuan Software SPSS Versi 17 for Windows. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, terdapat 6 faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menjadi guru pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS, antara lain (1) Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik, (2) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Belajar, (3) Persepsi Kesejahteraan Guru, (4) Pemahaman tentang Profesi Guru, (5) Persepsi Citra Positif Profesi Guru, dan (6) Latar Belakang Pendidikan.

Kata Kunci: Faktor, Minat, Guru

 

ABSRACT

The objective of this research is to investigate the factors influencing the interest in becoming teachers of the students of the Accounting Education Study Program, the Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. This research used the descriptive quantitative method. Its population was all of the students of the Accounting Education Study Program, the Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, the classes of 2012-2015 as many as 259 students.The samples of research were taken by using the purposive sampling technique, and they consisted of 66 students of Class 2012. The data of research were collected through questionnaire and documentation. They were then analyzed by using the Exploratory Factor Analysis (EFA) aided with the computer program of Software SPPS Version 17 for Windows. The result of research shows that there are six factors influencing the interest in becoming teachers of the students of the Accounting Education Study Program, the Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, namely: (1) intrinsic and extrinsic motivations; (2) effect of family circle and learning; (3) perception on teacher’s prosperity; (4) understanding on Teacher’s profession; (5) positive image of teacher’s profession; and (6) background of education.

Keywords: Factors, Interest, Teachers

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

ISSN: 2503-4693