candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK KELAS XII AK B SMKN 3 SUKOHARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/2016

Nurul Widayati

Abstract


ABSTRACT
The purpose of this research is to know that the use of quantum learning model assisted by interactive media can improve the competence of applying accounting computer in students of class XII Accounting B SMK Negeri 3 Sukoharjo Even Semester of Academic year 2015/2016. This study uses Classroom Action Research Method (PTK) which carried out two cycles in which each cycle is passed by four stages, namely: (1) planning action; (2) implementation; (3) action observation; and (4) action reflection. Research subjects are all students of class XII AK B SMK Negeri 3 Sukoharjo Even Semester of Academic Year 2015/2016. Data collection techniques used are interviews, observations and tests. The results of this study indicate that the application of Quantum Learning assisted by interactive media model can increase the competence of applying computer class XII AK B even semester of academic year 2015/2016 with facts as follows: (1) attitude and behavior of pre-cycle students by 45.51% 73,51% in cycle I and on cycle II equal to 85,95%. Competence to apply accounting computer of learners after attending core learning activity also increases from 44,12% (18 students) hasn’t been competent yet in pre cycle to 79,41 (7 students) not competent yet in cycle I and cycle II increases to 97, 06% (1 student) are not competent yet. Keywords: quantum learning, competence, interactive media.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan model kuantum learning berbantuan media interaktif dapat meningkatkan kompetensi mengaplikasikan computer akuntansi pada peserta didik kelas XII Akuntansi B SMK Negeri 3 Sukoharjo Semester GenapTahunAjaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XIIAK B SMK Negeri 3 Sukoharjo Semester GenapTahunAjaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning berbantuan media interaktif dapat meningkatkan kompetensi mengaplikasikan computer kelasXII AK B semester genapTahunAjaran2015/2016 dengan fakta-fakta sebagai berikut: (1) sikap dan perilaku siswa pra siklus sebesar45,51% menjadi 73,57% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 85,95% .Kompetensi mengaplikasikan computer akuntansi peserta didik setelah mengikuti kegiatan inti pembelajaran juga mengalami peningkatan dari 44,12 % (18 siswa) yang belum kompeten pada pra siklus menjadi 79,41 ( 7 siswa) yang belum kompeten pada siklusI dan siklus II meningkat menjadi 97,06% (1 siswa) yang belum kompeten.
Kata kunci: pembelajaran quantum learning, kompetensi, media interaktif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.