candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CAKRAM DIGITAL (CD) INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 1 SUKOHARJO

Citra Dewi Paramitha, Siswandari ., Elvia Ivada

Abstract


ABSTRACT
The objective of this research are to test: (1) the feasiblity of Adobe Flash-based interactive CD learning media and (2) the effectiveness of Adobe Flash-based interactive CD learning media to improve the Accounting learning motivation of the students. This research used the research and development (R&D) method with ADDIE development model. The subjects of the research included a learninng material expert, a learning media, an Accounting learning practitioner, and students. The data of the research were collected through validation and response sheets, in-depth interview, questionnaire, and documentation. They were analyzed by using t-test, consisting of Paired Samples t-test and Independent Samples t-test with normality test and homogenity test as prerequisite tests. The results of the research show that: (1) the developed Adobe Flash-based interactive CD learning media is feasible to be used as a learning media; (2) the developed Adobe Flash-based interactive CD learning media is effective to be used as a means of improving the students’ Accounting learning motivation as shown by the result of the Paired Samples t-test result in which the value of tstat was 70.063 with the significance value = 0.000 < 0.05 and that of the Independent Samples t-test in which the value of tstat was 38.322 with the significance value = 0.000 < 0.05.
Keywords: Learning media, interactive Compact Disk, learning motivation.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menguji kelayakan media pembelajaran CD Interaktif berbasis Adobe Flash; (2) menguji keefektivan media pembelajaran CD Interaktif berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar respon, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi, dan siswa. Teknik analisis data menggunakan t-test yang terdiri dari t tes sampel berpasangan dan t tes sampel independen dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media pembelajaran CD Interaktif berbasis Adobe Flash layak untuk digunakan; (2) media pembelajaran CD Interaktif berbasis Adobe Flash efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi siswa. Hal tersebut didasarkan pada hasil t tes sampel berpasangan dimana nilai t hitung = 70.063 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05 dan t tes sampel independen dimana nilai t hitung = 38.322 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata tingkat motivasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 87 dan rata-rata tingkat motivasi belajar kelas kontrol sebesar 78.
Kata kunci: media pembelajaran, Cakram Digital Interaktif, motivasi belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.