Tata Arta

Jurnal Pendidikan Akuntansi

Terakreditasi ISSN : 2503 - 4690


 

Journal Homepage Image
gosip rumahan berita terkini windows gadget toko game

 

Jurnal Tata Arta terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini berisikan artikel-artikel yang diangkat dari hasil penelitian mahasiswa dan dosen di bidang kependidikan akuntansi yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

 

 

Ketua Penyunting :

Nurhasan Hamidi, S.E., M.Sc., Ak., CA.

 

Penyunting Pelaksana :

Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.

Prof. Dr. Siswandari, M.Stats.

Dr. Sudiyanto, M.Pd.

Dr. Susilaningsih, M.Bus.

 

Administrator :

Abidah Dwi Rahmi Satiti, S.Pd., M.Pd.

 

Alamat Penyunting :

Gedung B Lantai 1 FKIP UNS

Jalan Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta

Telepon : (0271) 669124/ 648939

Homepage : www.jurnal.fkip.uns.ac.id

Email : tataarta2015@yahoo.co.id

 

 

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL PADA JURNAL TATA ARTA


 A.  Ketentuan Umum

Ketentuan penulisan artikel hasil skripsi adalah sebagai berikut:

  1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang artikel antara 15-20 halaman, diketik dalam kertas ukuran A-4, spasi 1,5, huruf Times New Roman ukuran 12.
  2. Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah. Artikel disertai judul pada masing-masing bagian artikel.  Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian. Contoh pemeringkatan pemakaian huruf adalah sebagai berikut ini.

Peringkat 1 : HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI

Peringkat 2 : Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri

Peringkat 3 : Huruf Besar Kecil, Tebal-Miring, Rata Tepi Kiri

 

B. Format Artikel

Pada umumnya, format artikel berbahasa Indonesia adalah sebagai berikut ini.

JUDUL

Nama penulis (tanpa gelar akademik)

             Abstract & Keywords

             Abstrak & Kata kunci

             PENDAHULUAN

             METODE 

             HASIL  PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

             SIMPULAN DAN SARAN

      Ucapan terima kasih (bila diperlukan)

      DAFTAR PUSTAKA

 

Di bawah ini diuraikan penjelasan tiap-tiap bagian pada format di atas

  1. judul, panjang  judul antara 8 hingga 15 kata
  2. nama penulis dan nama instansi, nama-nama penulis (mahasiswa, pembimbing 1, dan pembimbing2) tanpa disertai gelar dan diikuti nama instansi serta alamat korespondensi atau e-mail
  3. abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan rekomendasi berkaitan dengan hasil penelitian, maksimal 200  kata yang disajikan dalam satu paragraf
  4. kata kunci berjumlah antara 3 hingga 5 kata atau kelompok kata yang merefleksikan konsep-konsep penting yang berkaitan dengan masalah penelitian dan tempatnya di bawah abstrak
  5. pendahuluan berisi: (i) latar belakang masalah, (ii) tujuan penelitian, (iii) kajian pustaka
  6. metode penelitian yang memuat informasi penting tentang pendekatan, sumber data/populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  7. hasil penelitian disajikan secara padat dan kalau perlu mempergunakan tabel/gambar; dalam hasil penelitian dan pembahasan diberi subjudul-subjudul yang sesuai dengan fokus kajian
  8.  pembahasan di dalamnya  menyampaikan jawaban terhadap rumusan masalah, temuan–temuan penting penelitian, paparan logika diperolehnya temuan, dan interpretasi temuan
  9. simpulan dan sarankesimpulan tidak sekedar mengemukakan kembali temuan penelitian, tetapi juga mengemukakan sesuatu yang dibuat berdasarkan temuan itu
  10. daftar pustaka yang disusun secara alfebetis dan  hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk dalam penulisan artikel dengan sistematika mengikuti contoh di bawah ini. Pustaka yang menjadi sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan yang diutama­kan adalah sumber-sumber primer,  baik berupa temuan dalam artikel-artikel penelitian dalam jurnal/majalah ilmiah  dan laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) maupun buku teks. 

 

DAFTAR PUSTAKA

American Psychological Association. (2012). Publication Manual of the American Psychological Association (6th  ed.). Washington, DC.

Gall, M.D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2003). Educational Research an Introduction (7th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Gunawan, A.W.,  Achmadi, S.S., & Arianti, L. (2008). Pedoman Penyajian Karya Ilmiah (Edisi ke-2). Bogor: IPB Press.

Sagor, R., (2000). Guiding School Improvement with Action Research. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Sugiharti, A. (2011). Penerapan Diskusi Kelompok disertai Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas Oral  dan Kemandirian Belajar Biologi Siswa Kelas X-J SMA Negeri 1 Kartasura. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian (Edisi ke-2). Surakarta: UNS Pres.

Universitas Negeri Malang. (2007). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Makalah, Laporan Penelitian (Edisi Ke-4). Malang.

 


Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi

Table of Contents

Articles

KEEFEKTIFAN PENERAPAN E-LEARNING QUIPPER SCHOOL PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA PDF
Rizki Rahmawati, Sudiyanto -, Sri Sumaryati
KOMPETENSI GURU AKUNTANSI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2015 PDF
Anik Lestari, Sri Witurachmi, Elvia Ivada
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN MODEL JOYFUL LEARNING PDF
Adhelia Desi Prawestri, Sukirman -, Binti Muchsini
UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG PDF
Mydha Tri Puspitasari, Sigit Santoso, Binti Muchsini
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 04 ANDONG TAHUN AJARAN 2014/2015 PDF
Azizah Ayu Ikaningtyas, Sigit Santoso, Sohidin -
PENGARUH PENERAPAN MIND MAPS DAN COLLEGE BALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PESERTA DIDIK PDF
Wanny -, Susilaningsih -, Binti Muchsini
STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DI SMK N 1 SUKOHARJO KELAS XI AKUNTANSI T.A. 2014/2015 PDF
M Rosyid Ali Ridho, Susilaningsih -, Sri Sumaryati
PENGARUH KEBIJAKAN APBD PEMKAB SUKOHARJO TERHADAP KETAATAN MATA ANGGARAN BIAYA PENDIDIKAN DI SMA N 1 TAWANGSARI TAHUN 2011 PDF
Lita Nurhayati, Sukirman -, Sohidin -
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGOPERASIKAN MS. EXCEL DALAM MATA PELAJARAN SPREADSHEET DENGAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING PDF
Praswita Maharani, Wahyu Adi, Binti Muchsini
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 PDF
Rusmi Dyah Chesaria, Wahyu Adi, Binti Muchsini
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XI KU 2 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PDF
Luthfi Isna Nur Aini, Sigit Santoso, Sri Sumaryati
PERANAN BADAN KREDIT KECAMATAN UNTUK PERKEMBANGAN SEKTOR INFORMAL DALAM RANGKA PENDALAMAN MATERI PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKUNTANSI PERBANKAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNS PDF
Eka Nurinah, Sri Witurachmi, Jaryanto -
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER (LT) MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PDF
Anastasia Anggarkusuma Arofah, Sudiyanto -, Dini Octoria
PENERAPAN RECIPROCAL TEACHNG MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PDF
Dyas Erfira Rosary, Wahyu - Adi, Dini - Octoria
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA METODE TPS DAN TSTS PADA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN PDF
Rahayu Dwi Kusumawati, Sigit Santoso, Nurhasan Hamidi