candi borobudur kerajaan di indonesia

HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS DI MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Nurul Amalia

Sari


ABSTRAK

Nurul Amalia.  K8412062. HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS DI MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) Hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS MAN PurworejoTahun Pelajaran 2015/2016. (2) Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS MAN PurworejoTAhun Pelajaran 2015/2016. (3) Hubungan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi soiswa kelas XI IPS MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Purworejo yang berjumlah 93 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 63 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda.

Kesimpulan penelitian ini bahwa : (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan  prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS MAN PurworejoTahun Pelajaran 2015/2016. Jadi dapat dinyatakan bahwa kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata kunci :  Kuantitatif,  Prestasi  Belajar  Sosiologi,  Kedisiplinan  Belajar , Motivasi  Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.