candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA

Estri Trimayanti, Joko Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan model learning cycle 7E dengan konten integrasi-interkoneksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 2 Banguntapan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk mengetahui kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa instrumen soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, N-gain, dan effect size. Hasil analisis data penelitian menunjukkan 77,78% siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai lebih besar sama dengan 60 serta hasil uji effect size sebesar 1,407 (perbedaan peningkatan sangat signifikan). Disimpulkan pembelajaran fisika menggunakan model learning cycle 7E dengan konten integrasi-interkoneksi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Keywords


Model learning cycle 7E; integrasi-interkoneksi; kemampuan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.