candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENGGUNAAN METODECOOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 6 METRO

Zaenal Arifin - -

Abstract


Metode Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining merupakan metode pembelajaran dimana terdapat interaksi antar peserta didik yang bekerjasama secara kolompok dan mempresentasikan hasil diskusi secara bergantian. Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa dengan skor atau prestasi belajar.

                Berdasarkan hasil prasurvey yang penulis lakukan, yang menjadi permasalah dalam penelitian ini adalah “Masih banyak siswa yang belum tuntas dalam hasil belajar ekonomi kelas X semester genap SMA Negeri 6Metro tahun pelajaran 2013/2014”. Sehubungan dengan permasalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan metodeCooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X  semester genap SMA Negeri 6Metro tahun pelajaran 2013/2014 ?”.Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metodeCooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 6Metro tahun pelajaran 2013/2014”. Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah “terdapat pengaruh positif  penggunaan metodeCooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 6Metro tahun pelajaran 2013/2014”

                Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Metro yang berjumlah 129 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan yang menjadi sampelnya adalah kelas X3 sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, eksperimen, dan tes. Sedangkan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes menggunakan rumus K-R 20 menurut Suharsimi Arikunto (2010:230), dengan rumus sebagai berikut :

r11 =  dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Regresi Linier Sederhana yaitu Ŷ = a + bx Nilai Ŷ = 29,89 + 0,67X yang dilanjutkan dengan rumus thitung yaitu = 6,404. ­ =1,70 (taraf signifikan 5%) dan = 2,46 (taraf signifikan 1%), jadi 6,404 > 1,70 pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikan 1% yaitu 6,404 > 2,46.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thit = 6,404 lebih besar daripada ttabel (ttab) = 1,70 dan 2,46.

 

Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif  penggunaan metodeCooperative Learning tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 6Metro tahun pelajaran 2013/2014.

Berdasarkananalisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metodeCooperative Learning tipe Student Facilitator and Explainingdalam proses pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar ekonomi khususnya pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Metro.

Adapun saran yang diajukan dalam penelitian ini (1) Dalam rangka meningkatkan hasil belajar, diharapkan guru dapat menggunakan cara atau metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan kepada siswa sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, kondusif dan inovatif, serta mampu meningkatkan hasil belajar secara maksimal. Alternatif metode pembelajaran yang penulis sarankan yaitu MetodeCooperative learning tipe Student Facilitator and Explaing karena metode ini merangsang siswa untuk berfikir secara mandiri dan sebagai subjek belajar dalam proses pembelajaran. (2) Diharapkan bagi siswa agar dapat lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas.

 

Kata kunci: Metode Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar.

 

ABSTRACT

Cooperative Learning method Type of Student Facilitator and Explaining the method of learning where there is interaction between learners working together kolompok and presented the results of discussions in turn. The learning result is something that is achieved or obtained scores or students with learning achievement.Based on the results prasurvey the author, the problems in this study was "There are many students who have not completed the learning outcomes of economy class X semester SMAN 6 Metro in the academic year 2013/2014". In connection with these problems, the formulation of the problem is "Is there any effect of the use of methods of type Student Cooperative Learning Facilitator and Explaining the results of the economic study semester students of class X SMA Negeri 6 Metro 2013/2014 school year?". The purpose of this research is "To determine the effect of the use of the method of type Student Cooperative Learning Facilitator and Explaining the results of the economic study semester students of class X SMA Negeri 6 Metro in the academic year 2013/2014". While the hypothesis that the authors ask is "there is a positive effect of the use of the method of type Student Cooperative Learning Facilitator and Explaining the results of the economic study semester students of class X SMA Negeri 6 Metro in the academic year 2013/2014"The population in this study were all students of class X SMA 6 Metro totaling 129 students. Sampling using cluster random sampling and the sample was X3 class of 32 students. The research data was collected by using interview data collection, observation, documentation, experimentation, and testing. Whereas to determine the level of validity and reliability of the test using the formula KR 20 according Suharsimi Arikunto (2010: 230), with the following formula:r11 = and to test the hypotheses used Simple Linear Regression formula is y = a + bx Value Y = 29.89 + 0,67X followed by tcount formula is = 6.404. ¬ = 1.70 (significance level of 5%) and = 2.46 (1% significance level), so 6.404> 1.70 at significance level of 5% and the 1% significance level is 6.404> 2.46.Based on these results, the hypothesis is acceptable because thit = 6,404 bigger than t table (ttab) = 1.70 and 2.46. Thus showing that there is a positive effect of the use of the method of type Student Cooperative Learning Facilitator and Explaining the results of the economic study semester students of class X SMA Negeri 6 Metro in the academic year 2013/2014.Based on data analysis that has been done, it can be concluded that the use of methods of type Student Cooperative Learning Facilitator and Explaining the learning process will improve the learning outcomes of economics, especially in class X SMA Negeri 6 Metro.The suggestions put forward in this study (1) In order to improve learning outcomes, teachers are expected to be able to use the method or methods that conform with the material given to the students so as to create an atmosphere of active learning, creative, innovative and conducive to, and able to improve results maximum learning. Alternative methods that the authors suggest that cooperative learning method of type Student Facilitator and explaing because this method stimulates students to think independently and as a subject of study in the learning process. (2) It is expected that for students to be more active in participating in the learning process in class.

 

Kata kunci: Metode Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

DimyatidanMujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hanafiah, Nanang. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Jacobsen, David.A, dkk. 2009. Methods For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muniroh, Khayyizatul. 2010. Implementasi Pembelajaran Dengan Model Cooperative Script Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII Mts Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta.(Online).(http://eprints.uny.ac.id/1993/1/Skripsi_Khayyizatul_Muniroh.pdfdiaksespada 25Oktober 2013).

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/ Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenata Group.

Solehatin, Etin dkk.2009.Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Revisi 6. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2010. Dasar-Dasar Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Sugiyono, 2011.Metode Pendekatan Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatifdan R&D. Bandung: CV. ALFABETA.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem.Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Universitas Muhammadiyah Metro.2008. Pedoman Penulisan KaryaIlmiah. Edisi Revisi. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.