candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUPANG

Yuninda Anaci Lulan - -

Abstract


Pada kegiatan pembelajaran di sekolah dihadapkan oleh masalah rendahnya hasil dan prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun internal. Salah satu faktor eksternal yang dapat menentukan hasil belajar siswa adalah variasi mengajar guru, sedangkan salah satu faktor internalnya adalah cara belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan cara belajar siswa SMP Negeri 1Kupang  Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIsemester ganjil siswa SMP Negeri 1Kupang sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 180 orang. Peneliti menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 124 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Masalah dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang variasi mengajar guru yang negatif dan belum efektifnya cara belajar siswayang diduga mempengaruhi hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri 1Kupang semester ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014 Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa, (1)Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan cara belajar siswa  terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014 (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang variasi mengajar gurudan cara belajar siswaterhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014

 

Kata Kunci:  Persepsi Siswa Tentang Variasi Mengajar Guru, Cara Belajar Siswa, dan Hasil Belajar.


On learning activities in school is confronted by the problem of result and student achievment. Student learning outcomes are influenced by many factors, both internal and external factors. One of external factors that can determine the variety of teachers outcomes are pursuing teacher while one internal factor is how student learn. The purpose of this study was to obtain dataon the effect of variations in students perceptions of teachers teaching and students learning ofSmp Negeri 1 Kupang for first semester on academic year2013/2014.The populationin this study werestudents of grade VIII first semesterSmp Negeri 1 Kupang for first semester on academic year2013/2014with180 students for five classes. By usingthe Slovinformulain probability samplingwitha sampleobtained124 peoples, and then performedproportional allocationsamplingwith samples that takento be more proportional.The methodthat used inthis study isverification withex postfactoapproach. The problem and research is the perception of teachers to teach students about the negative variation and the ineffectiveness of student learning are thought to affect learning outcomes of IPS Integrated for student gradeVIII Smp Negeri 1 Kupang for first semester on academic year2013/2014. Based on theanalysis oftheresults for this study shown that: (1). There is apositiveand significanteffectof variations instudents perception about teachers teaching outcomesof IPS Integratedfor student grade VIII SMP Negeri 1 Kupang for first semester on academic year2013/2014. (2). There is apositiveand significantofhow student learn outcomesIPSintegratedfor studentgrade VIIISmp Negeri 1 Kupang for first semester on academic year2013/2014. (3). There is apositiveand significantthe effect of variations in students perceptions of teachers teaching and how student learn outcomes of IPSIntegrated for student grade VIIISmp Negeri 1 Kupang for first semester on academic year2013/2014.

 

Keywords:      Variations in students perceptions about teachers teaching and how student learn



Full Text:

PDF

References


Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito.

Sudjarwo. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengeruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.