candi borobudur kerajaan di indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis komputer model tutorial dengan model latihan dan praktik terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa ke

Yuliana FH - -

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis komputer model tutorial dengan model latihan dan praktik terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X  SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 467 siswa. Selanjutnya dilakukan pemilihan sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas X.4 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa PBK model tutorial, dan kelas X.9 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan berupa PBK model latihan dan praktik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design. Data hasil belajar yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan KKM sebesar 71 dan ketuntasan klasikal ≥ 85%. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis komputer model tutorial dan model latihan dan praktik digunakan rumus uji-t dua variabel bebas sehingga diperoleh thitung sebesar 4,9911> t tabel sebesar 3,107. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran berbasis komputer model tutorial dan model latihan dan praktik terhadap hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan tiap sekolah yang memiliki fasilitas komputer yang memadai dapat menerapkan pembelajaran berbasis komputer dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata-kata kunci : Pembelajaran Berbasis Komputer, Model Tutorial, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Farokhi, Heru. 2011. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Skripsi. Bandung. FIP Universitas Pendidikan Indonesia.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfabeta.

.2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikas. Bandung. Alfabeta.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung. Alfabeta.

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru : Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Seels, Barbara B., dan Rita C. Richey.1994. Teknologi Pembelajaran definisi dan kawasannya.Seri pustaka teknologi pendididkan No.12.Jakarta. Unit Penerbitan Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono, 2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.