candi borobudur kerajaan di indonesia

"EMOTIONAL LEARNING" SEBAGAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Yulia Suriyanti - -

Abstract


Pembelajaran merupakan proses adaptasi, penyesuaian yang berlangsung secara progresif. Dalam proses pembelajaran melibatkan berbagai komponen dari individu yang belajar, baik fisik dan kejiwaan yang meliputi perasaan, pikiran, pengalaman, bahasa tubuh dan emosi. Dalam pendidikan karakter dikenal dengan istilah pendidikan moral, pendidikan budi pekerti, pendidikan akhlak dan pendidikan nilai. Dalam pelaksanaannya pendidikan karakter dirancang dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Hal tersebut bertujuan untuk menemukan potensi peserta didik, merancang pembelajaran dengan berlatarbelakang karakteristik peserta didik dan tentunya agar tujuan dari pendidikan karakter tersebut dapat tercapai. Adanya keterlibatan emosi dalam pendidikan karakter, muncul asumsi yang menyatakan bahwa pendidikan tersebut akan tercapai apabila pembelajaran lebih difokuskan pada emosi daripada pembelajaran yang fokus pada intelektual. Fokus pembelajaran dengan mengutamakan emosi anak akan berdampak pada arah, bentuk ataupun rancangan pembelajaran berbasis emosi. Bahkan kondisi pembelajaran hendaknya juga diarahkan untuk lebih banyak melibatkan emosi anak dan guru. Emosi merupakan suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak. Dengan terciptanya emosi yang positif dari pendidik dan peserta didik maka proses pembelajaran akan lebih dalam dan bermakna.

Kata Kunci: emotional  learning, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

References


Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.

Afgani, Muh Win. 2007. Mengkaitkan Emosi Dalam Pembelajaran. Makalah. Unsri.

Safaria.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/27243/4/Chapter%20II.pdf

Uno, Hamzah B. 2004. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardiya.www.kulonprogokab.go.id/v21/files/SEPUTAR PERKEMBANGAN-PSIKOLOGIS-REMAJA.pdf.

Ashiabi, G.S, 2000. To Improve Developing Aspect of Emotion of The Children. Department of Child And Family Studies, University of Tennesse, Knoxville. Early Childhood Education Journal, Vol. 28, No. 2, 2000.

Mussen, P.H, Conger, J.J., Kagan, J., & Husto, A.C., 1994. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Penerbit Arcan.

Mussen, P.H. & Eisenberg, N., 1998. Handbook Child Psychology. Vol 3: Social, Emotional, and Personality Development. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Rustiana, 1997. Peranan Kecerdasan Emosional Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Psikologi Arkhe, Tahun kedua, No. 3, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.