candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH BIDANG KEAHLIAN KHUSUS PENDIDIKAN TATA NIAGA FKIP UNS

Widya Hestiningtyas - -, Mintasih Indriayu - -, Leny Noviani - -

Abstract


Peningkatan peminat BKK PTN yang cukup signifikan dan perubahan pola preferensi pemilihan mahasiswa BKK PTN merupakan hal yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bauran pemasaran secara parsial dan simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih BKK PTN. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, populasi dalam sampel ini adalah mahasiswa BKK PTN angkatan tahun 2009, 2010, dan 2011. Pada penelitian ini besarnya jumlah sampel ditentukan sebanyak 127 responden. Tryout yang dilakukan terhadap 30 responden di dalam dan di luar populasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh bauran pemasaran secara simultan terhadap keputusan memilih BKK PTN dan tidak adanya pengaruh place dan process secara parsial terhadap keputusan memilih BKK. Berdasarkan hasil perhitungan nilai adjusted R square bahwa keputusan mahasiswa memilih BKK PTN dipengaruhi bauran pemasaran sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Kata Kunci: seminar, nasional, bauran pemasaran, keputusan memilih BKK PTN


Full Text:

PDF

References


Alma, B. 2005. Manajemen Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Alma, B. dan Hurriyati, R. 2008. Manajemen Coporate Strategi & Pemasaran Jasa Pendidikan (Fokus pada Mutu dan Layanan Prima). Bandung. Alfabeta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. 2010. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damodar, G. 2006. Ekonometrika Dasar terjemahan Sumarno Zain. Jakarta. Erlangga.

Hindrayani, A. dan Totalia, S. A. 2010. Teknik Pengolahan Data. Surakarta. Sebelas Maret University Press.

Jasfar, F. 2005. Manajemen Jasa: Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kalsum, E. U. 2010. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Medan, Jurnal ISSN Universitas Al-Azhar Medan.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Ahli Bahasa Bob Sadran. Jakarta. Erlangga. Edisi 13.

Kotler dan Armstrong, G. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Ahli Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga. Edisi 12.

Lupiyoadi, R. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktik. Jakarta. Salemba Empat.

Ma’ruf, H. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta. P.T Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Priyatno, D. 2009. SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate. Yogyakarta. Gafa Media.

_________. 2010. Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta. PT Buku Seru.

Siswandari. 2009. Statistika Computer Based. Surakarta. UNS Press.

Sugiyono. 2010. Penelitian pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta. Andi.

_________. 2007. Pemasaran Jasa. Malang. PT. Bayu Media Publishing.

Umar, H. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Anonim. -. www.dapodik.surakarta.go.id. Diunduh pada 28 Februari 2013, jam 14.32 wib.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.