candi borobudur kerajaan di indonesia

STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MENGGUNAKAN DIAGRAM ISHIKAWA DI SMA NEGERI 1 SURUH

Wara Hapsari Oktriany - -, Ria Triastuti - -, Yusia Sri Prajoko - -

Abstract


Manajemen Mutu Terpadu adalah  adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan  daya saing organisasi  melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Namun masih banyak lembaga pendidikan yang belum menerapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi peningkatan mutu SMA NEGERI 1 SURUH. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan  melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Diagram Ishikawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA NEGERI 1 SURUH dapat meningkatkan mutu lulusan dengan pola mengoptimalkan sumber daya internal sebagai titik tolak pemanfaatan dukungan eksternal. Berdasarkan temuan penelitian direkomendasikan agar Kepala Sekolah menyusun dokumen tahunan secara efektif sesuai rencana strategis dan melakukan evaluasi capaian program untuk menetapkan tindak lanjut pencapaian visi misi sekolah.

Kata kunci: manajemen mutu terpadu, mutu pendidikan, mutu lulusan, diagram ishikawa 


Total Quality Management (TQM) is an approach in doing business which tries to maximize the organization competitiveness through continuous improvements over products, services, man, the process and its environment. However, there are still many educational institutions that do not apply it well. The purpose of this research describes strategies to improve the quality of SMA NEGERI 1 SURUH. Research methodology used in this research is a descriptive qualitative. The subject of this research is the school principal, teachers, students, and the committee. The data was collected by interview, observation, and documentation. Data is analyzed using Ishikawa Diagram. The result of this research shows that SMA NEGERI 1 SURUH can improve the quality of graduates by optimizing internal resources as a turning point in the use of external support. Based on our research findings recommend that the school principal should arrange an annual document effectively in accordance with the strategic plan and evaluate these programs to establish the school’s vision mission.

 

Key words : Total Quality Management, The Quality of Education, The Quality of Graduates, Ishikawa Diagram



Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Elqorni, Ahmad Kurnia. 2012. Mengenal Analysis Fishbone. https://elqorni.wordpress.com/2012/11/09/mengenal-analisis-fishbone/. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2015.

Engkoswara, dan Aan Komariah. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hadis, Abdul dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hanik, Umi, Hajjah. 2011. Implementasi Total Quality Management dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Semarang: RaSAIL media Group.

Kusnadi, Eris. 2011. Fishbone Diagram dan Langkah-langkah Pembuatannya. http://eriskusnadi.wordspress.com/2011/12/24/fishbone-diagram-dan-langkah-langkah-pembuatannya/. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2015.

Mulyasa. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA

Peraturan Pemerintah. 2013. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sagala, Syaiful. 2013. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi dan Pemberdayaan Potensi Sekolah Dalam Sistem Otonomi Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sallis, Edward. 2008. Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD.

Syahid. 2012. Penerapan Total Quality Management pada program study MPI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin. Lentera Pendidikan, Vol 15 No 2 Desember 2012, 192-210.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.