candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMK NEGERI 1 SRAGEN

Sri Handayani - -

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dalam upaya meningkatkan prestasi belajar keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH) pada siswa  kelas X  AP 2 SMK Negeri 1 Sragen.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap: (1) pengenalan masalah, (2) persiapan tindakan, (3) penyusunan rencana tindakan, (4) implementasi tindakan, (5) pengamatan, dan (6) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) pada pembelajaran K3LH secara optimal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Sragen. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan kerja sama siswa pada siklus I sebesar 62,5% menjadi 87,5% pada siklus II dan sudah melampaui target yang ingin dicapai yaitu 70%. (2) Keaktifan siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan  rata-rata pada siklus I sebesar 25% menjadi 79,17% pada siklus II dan sudah melampaui target yaitu 70%. (3) Adanya peningkatan ketepatan dan ketelitian dalam menyelesaikan soal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada siklus I sebesar 50% menjadi 75% pada siklus II dan sudah mencapai target yang diinginkan yakni 70%  (4) Adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata diklat K3LH. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada siklus I sebesar 66,67% menjadi 89,58% pada siklus II dan sudah melampaui target yang ingin dicapai yaitu 75%.

 

Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe learning together, prestasi belajar


The purpose of this study was to determine the implementation of cooperative learning model learning together in efforts to improve learning achievement of safety, health and environment (K3LH) in class X AP 2 SMK Negeri 1 sragen.This study used action research approach (PTK). This research was carried out with the collaboration between classroom teachers, researchers and students involved. Data was collected through observation, documentation, interviews, and tests. Research procedure includes the step of: (1) the introduction of the problem, (2) the preparation of the action, (3) the preparation of an action plan, (4) the implementation of the action, (5) observation, and (6) the preparation of reports. The research process was conducted in two cycles. Based on the research that has been done, it can be concluded that the application of methods of cooperative learning Learning Together (LT) on learning K3LH can optimally improve student achievement of class X AP 2 SMK Negeri 1Sragen. This is reflected in some indicators as follows: (1) The application of cooperative learning methods Learning Together (LT) in the training eye K3LH increased. It is shown by an increase in the cooperation of students in the first cycle of 62.5% to 87.5% in the second cycle and has surpassed the target to be achieved is 70%. (2) The active participation of students has increased. This is shown by the average increase in the first cycle by 25% to 79.17% in the second cycle and has already exceeded the target of 70%. (3) An increase in the precision and accuracy in solving problems. This is indicated by an increase in the first cycle by 50% to 75% in the second cycle and have reached the desired target of 70% (4) There is an increasing mastery of student learning outcomes in training eye K3LH. This is indicated by an increase in the first cycle of 66.67% to 89.58% in the second cycle and has surpassed the target to be achieved is 75%.

 

Keywords: cooperative learning model learning together,  learning achievement



Full Text:

PDF

References


Etin Solihatin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Herawati Susilo, dkk. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.

Hinomarus Masu. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together untuk meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMAK Sang Timur Yogjakarta. Jogjakarta. Universitas Sanata Dharma.

Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Malang.

Muntari. 2009. Pengaruh Strategi Pembelajaran (Kooperatif Model Learning Together dan Langsung) terhadap Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Kimia pada Siswa SMA dengan kemempuan Matematika Berbeda. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Peter.L,Theresa.k, King.C, Eva.w.2014. Hongkong. Developing students Teamwork skills in a Cooperative Learning Project. International journal for lesson and learning studies. Vol 3 No 1.83

Rudy Darmawan. 2009. Modul Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup. Surakarta. CV Hayati Tumbuh Subur.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS

Van dat Tran, Ramon. L. Australia (2011). Effects of cooperative learning on Students at An Giang University in Vietnam. International education studies, Vol 5. N0 1 halaman 86., from www.ccsenet.org/ies.

W. S. Winkel. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.