candi borobudur kerajaan di indonesia

SUNTIKAN 5 MENIT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA GURU STUDI KASUS DI APPLE KIDS PRESCHOOL SALATIGA

Sasadara Wahyu Lukitasari - -, Mutia Ayu Krismanda - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan keefektifan dari program sharing motivation yang  dilaksanakan oleh para guru setiap pagi selama hanya 5 menit sebelum bekerja dalam program morning briefing untuk meningkatkan motivasi dan kinerja guru. Program sharing motivation ini merupakan upaya untuk membangun komunikasi internal di sekolah yang menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi guru dalam bekerja. Program ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Apple Kids Preschool di Salatiga. Kajian dilakukan dengan pendekatan deskriptif- kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara kepala sekolah dan pengambilan data kuesioner sebanyak 15 orang yang melibatkan para guru Apple Kids. Hasil penelitian menunjukan bahwa sharing motivation berhubungan berdampak efektif dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru.  Berdasarkan  pembahasan penelitian, direkomendasikan bahwa sekolah lain terkhusus untuk sekolah PAUD agar menerapkan program sharing motivation dalam kegiatan morning briefing.

Keywords: komunikasi, sharing motivation, kinerja guru.


The purpose of this study is to determine the correlation and effectiveness of motivation sharing program implemented by the teacher every morning for only 5 minutes before work in the morning briefing to improve teachers’ motivation and performance. Motivation sharing program is an effort to build internal communication in school that became one of the strategies to increase teachers’ motivation at  work. The program is organized by Apple Kids Preschool in Salatiga. The study was conducted by quantitative descriptive approach. Data collected by observation, interview with principal and questionnaire data capture from 15Apple Kids teachers. The results showed that sharing motivation program has correlation and effectively improving teachers' motivation and performance. It is recommended that other schools especially early childhood school implement sharing motivation program in activities morning briefing.

Keywords: communication, sharing motivation, teacher performance.



Full Text:

PDF

References


Sudirman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Rajawali Pers

Soedarsono, D.K. 2014.Sistem manajemen Komunikasi, Teori Model dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Hanif. 2004. Kinerja Mengajar Guru, Yogyakarta:UGM

Cinantya, D.A. 2010. Hubungan antara kegiatan Morning Briefing dengan Motivasi Kinerja Karyawan.Jatinangor: UNPAD. http://library.fikom.unpad.ac.id. Diunduh pada 23 Oktober 2015, pukul 11.50

Smith,P. and Rees,G. 2010. Strategic Human Resource Management: An International Perspective. SAGE. https://books.google.co.id. Diunduh pada 20 Oktober 2015, pukul 19.20

Khumalo, S.S. 2015. How to motivate teachers and how to organize effective internal communication at school. Tshwane University of Technology. http://www.researchgate.net/post. Diunduh pada 20 Oktober 2015, pukul 19.00

Setiawan, E. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/ Diunduh pada 23 Oktober 2015, pukul 10.00


Refbacks

  • There are currently no refbacks.