candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTs NURUL ULUM MALANG

Riril Mardiana Firdaus - -, Roni Alim Ba'diya Kusufa - -

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan proses pembelajaran dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan  pembelajaran, penilaian hasil belajar dan pemantauan proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS terpadu kelas IX di MTs Nurul Ulum Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian diskripftif. Hasil penelitian ini adalah implementasi kebijakan proses pembelajaran dilihat dari; 1 perencanaan, guru telah menyusun  perencanaan pembelajaran yang meliputi silabus dan RPP.  2 pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan, guru melaksanakan pembelajaran secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan yang berpatokan pada PAIKEM. 3 penilaian pembelajaran sudah maksimal, penilaian yang diterapkan oleh guru-guru IPS adalah penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. 4 pengawasan pembelajaran meliputi; a) supervisi, kegiatan supervisi dilakukan oleh kepala MTs terhadap guru-guru IPS terpadu. Pelaksanaan supervisi terjadwal, ada instrumen supervisi. b) evaluasi, evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk me­nentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, c) tindak lanjut, kegiatan ini meliputi (1) penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar, (2) teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standar, (3) guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/pe­nataran lebih lanjut

 

Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan Proses Pembelajaran, IPS Terpadu


The objective of this study were to describe and analyze the implementation of the learning process policy which is can be seen from the planning, conducting, evaluating, and monitoring the learning process of the implementation of Social science in IX class in MTS Nurul Ulum Malang. The methods used in this study are qualitative approach with the design of descriptive research. The result of this study showed that the implementation of learning process policy are seen from: (1) the planning of the learning social science including lesson plan and syllabus which is composed by the teacher, (2) The conducting of the learning process been drawn a good result since the teachers have an active, innovative, creative, and effective ways based on PAIKEM method in conducting a class, (3) The evaluating process is reaching a maximum effort since the evaluating process by the social science teachers based on cognitive, affective, and psychometric aspects, (4) the supervision of the learning process in conducting are as follows: a) supervision, which is conducted by the headmaster in a fix schedule and instrument, b) evaluation, evaluation process is aimed to determine the quality of a whole learning process, c) feedback: 1. The awards for the teacher, 2. The warning which is means educating for the teacher, 3. And the opportunity is given to the teacher in joining seminars and workshops.

 

Key Word: Implementation, Learning Process Policy, Social Science



Full Text:

PDF

References


Abidin, Said Zainal. 2004. Kebijakan Publik,. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktek. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Costa, Vincent. P. 2000. Panduan Pelatihan untuk Pengembangan Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Daldjoeni, N. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan IPS. Bandung: Alumni

Depdiknas.2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Depag RI.2001. Perencanaan Pendidikan Menuju Madrasah Mandiri, Jakarta: Balitbang

Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Jakarta

Depdiknas. 2005.Standar Nasional Pendidikan (PP No. 19 tahun 2005). Bandung: Fokusmedia.

Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Depdiknas. 2007. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. Jakarta

Dikmenum, 1999, Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah: Suatu Konsepsi Otonomi Sekolah (paper kerja), Jakarta: Depdikbud.

Dunn, William. N 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dye, Thomas R. 1981. Understanding Public Policy. Englewoods Cliffs, New Jersey: Prestice Hall

Edward III, George C. 1984. Public Policy Implementing. Jai Press Inc. London-England

Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in The Third World, Princnton University Press, New Jersey.

Hamalik, Oemar. 1990. Evaluasi kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya

Hill, M. 1993. The Policy Process. New York: Harvester Wheats Heaf.

---------------, 1998, Upaya Perintisan Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah (paper kerja), Depdikbud, Jakarta.

Mazmanian, Daniel dan Sabatier, Paul. 1983. Effective Policy Implementation. Lexington Books

Miles dan Huberman. 2001. Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Kanisius

Moleong, Lexys. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mutakin, Awan. 1998. Pengantar Ilmu Sosial. Bandung: FKIP.IKIP

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Konsep Administrasi dan Administrasi di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara

Ripley, Ronald B and Grace Franklin. 1986. Policy Implementation Bereaucracy. Chicago : Dorsey Press

Ross Tasker. 1992. Effective Teaching. What Can A Constructivist View of Learning Offer? Australian Science Teachers Journal, Vol. 38, No.1.

Smith, Mark K., Dkk. 2010.Teori Pembelajaran Dan Pengajaran:Mengukur Kesuksesan Anda Dalam Proses Belajar Mengajar. Jogjakarta: Mirza Media Pustaka

Soemantri, Numan. 2001. Menggagas Perbaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Soemantri, Numan. (2001). Masalah Pendidikan IPS dalam Perspektif Global, Makalah Seminar Nasional dan Kongres Forum Komunikasi X Pimpinan FPIPS/FIS/FKIP Universitas/IKIP se Indonesia serta Kongres HISPIPS, 22-24 Oktober.

Sunggono, Bambang. 1994. Hukum dan Kebijakan Publik. Jakarta: Sinar Grafika

Terry, George R. 1964. Principles Of Management. Richard Rirwin.Inc. Home Woods: Illions

Wheatley,G.H. 1991. Constructivist Perspective On Science And Mathematics Learning. Science Education Journal.75. (1). 9-21

Wibawa, Samodra, Yuyun Purbokusumo, Agus Pramusinto. 1994. Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.