candi borobudur kerajaan di indonesia

KOMPETENSI DAN KESIAPAN GURU DI KOTA PADANG MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013

Rino - -

Abstract


Kurikulum 2013 menuntut kreatifitas, inovasi dan kemadirian guru. Perubahan paradigma guru yang dituntut adalah dari teaching yang teacher oriented menjadi aktifitas instruction yang student oriented dengan memperhatikan keseimbangan pencapaian kognitif, afektif dan psikomotor. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alternatif model pemecahan masalah untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada masing-masing satuan pendidikan menengah SMA, SMK, MA di Sumatera Barat. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa dokumen, observasi, angket, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis wawancara. Hasil penelitian ini guru-guru di kota Padang sudah kompetens dan siap mengimplementasikan kurikulum 2013. Untuk meningkatkan kompetensi dan kesiapan guru untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah dengan mengintensifkan kegiatan diklat dan kegiatan non diklat

 

Kata kunci: kesiapan guru, kompetensi guru, kurikulum 2013


Curriculum of 2013 requires creativity, innovation, and independence of the teacher. The changes in teacher’s paradigm required is from teaching with teacher oriented to instruction activity with student oriented, regarding to balance in cognitive, affective, and psychomotor achievement. This research aims to generate alternative model in problem-solving to enhance competency and readiness of teacher in implementing the 2013’s curriculum in each education unit (High School, Vocational High School, and Islamic High School in West Sumatra). This research used descriptive quantitative method, and used instruments such as document, questionnaire, observation, and interview. This research found that teachers in Padang already have competency and readiness to implementing the 2013’s curriculum. To enhance the competency and readiness of the teachers, there are need to held educational training and non educational training activity continuously.

 

Key words: teachers’ readiness, teacher’s competence, curriculum of 2013



Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu PendidikanKementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2012). Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Balitbangda Medan (2011). Pemberian Tunjangan Profesi dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru SD, SMP, SMA, SMK di Kota Medan. Badan Penelitian dan Pengembangan. Medan

Brotosedjati, Soebagyo (2012). Kinerja Guru yang telah Lulus Sertifikasi Guru dalam Jabatan. JMP, Volume 1 Nomor 2, Agustus 2012. 189-199

Darsono. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Abad Ke 21. Jakarta:Nusantara Consulting

Depdiknas. (2006). Teropong pendidikan kita: antologi artikel 2005-2006. Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Depdiknas.

Gulton, Syawal (2014). Kualitas Guru Masih Rendah. (online). http://edukasi.kompas.com/read /2012/03/07/08304834/Kualitas. Guru.Masih.Rendah.20Rabu20720Maret.202012, diakses 2 Maret 2014

Hurmanini M (2011). Dampak Pelaksanaan Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran: Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Media Akademika Vol. 26 No. 4. 2011. 500-535

Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995).Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Balai Pustaka

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Arahan Mendikbud Pengembangan Kurikulum 2013. Disampaikan pada Penyegaran Nara Sumber Pelatihan Guru untuk Implementasi Kurikulum 2013Jakarta, 26-28 Juni 2013. Kemendikbud. Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud. Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Kemendikbud. Jakarta

Kepmendiknas Nomor 045/U/2002.Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Jakarta

Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi.: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyawan, Iwan.Merealisasikan KBK melalui Pembelajaran [Ofline] Tersedia: http://www.kursuskomputerku.com/data/Presentasi/BCEP%20Presentation.pdf [1 Oktober 2009

Murwati (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE)Vol.1 No. 1 Tahun 2013. 12-21

Peraturan Mendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Putera Sampoerna Foundation (2012).54 persen kualitas guru masih rendah.(online). Seputar Indonesia.com , diakses 21 September 2013

Rizal, Syamsu.Kurikulum Berbasis Kompetensi. [Ofline] Tersedia: http://ajrc-aceh.org/wp-content/uploads/2009/01/malakah-samsul-rizal.pdf [1 Oktober 2009]

Sidharta, Raharjo B (2002).Pendidikan Berbasis Kompetensi sebuah Kajian Kritis.Yogtakarta:Universitas Atmajaya

Soewono, Johanna (2002). Pendidikan Berbasis Kompetensi.Yogtakarta: Universitas Atmajaya

SJ, Paul.S (2002).Kompetensi Umum Lulusan Perguruan Tinggi di Masyarakat Global”.Yogtakarta:Universitas Atmajaya

Susanti, Isnanini (2012). Pengaruh PLPG terhadap Kinerja Guru IPS Bersertifikasi pada SMP Negeri di Kabupaten Jember (PLPG Influence on Performance IPS Certified Teacher in Junior High School in Jember). Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. Volume 9, Nomor 1, Juni 2012. 14-18

Undang-undang No 14 tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen

Uno, Hamzah. 2010. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wahyudi, Suji (2012). Measuring Performance of Teacher Certification Program. International Journal of Administrative Science & Organization, September 2012. Volume 19, Number 3. 155-161

Wibowo, Tjiptono. (2002). Pendidikan Berbasis Kompetensi. Universitas Atmajaya. Yogyakarta.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Press.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.