candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP WORD OF MOUTH SEPEDA MOTOR YAMAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Tahun 2014)

Rifda Nabila - -, Sri Wahyuni - -, Jonet Ariyanto Nugroho - -

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: pengaruh antara variabel-variabel experiential marketing terhadap variabel customer satisfaction dan pengaruh antara variabel customer satisfaction terhadap variabel word of mouth. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi sebagai subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang menggunakan sepeda motor Yamaha. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling dan accidental sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Uji analisis PLS yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: uji outer model berupa uji convergent validity, discriminant validity, dan composite reliability. Uji inner model dengan melihat R2. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis koefisien jalur untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:  variabel Sense, Think,Feel, Act dan Relate  terhadap Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan dan variabel Customer Satisfaction terhadap Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan.

Kata kunci: experiential marketing, word of mouth


The purpose of this research were analyzed and determined : The Influence of the experiential marketing variables toward customer satisfaction variable and the influence of customer satisfaction variable toward word of mouth variable. The method used is descriptive quantitative method . The population as subjects in this study were University students March Surakarta who use Yamaha motorcycles . Sampling used in this study is quota sampling and accidental sampling . The number of samples in this study was 100 respondents . The data collection technique used was a questionnaire with Likert scale technique . The data analysis technique used was Partial Least Square ( PLS ). PLS analysis test used in this study include : testing a model of the outer test convergent validity , discriminant validity , and composite reliability . Test to see the inner workings of the model R2 . Testing this hypothesis used was path coefficient analysis to determine the relationship between the study variables. Based on the results of this study concluded that : variable Sense, Think, Feel, Act and Relate on Customer Satisfaction positively and significantly and Customer Satisfaction of the Word of Mouth variables positively and significantly.

Keywords : experiential marketing , word of mouth

 



Full Text:

PDF

References


Andreani, Fransisca. (2007). “Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran)”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 2, No. 1, hal, 1-8.

http://motorexpertz.com: 2013

http://otomotif.kompas.com, 2013

http://www.metrotvnews.com

Jogiyanto, H.M. (2011). Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kertajaya, Hermawan. (2003), “Empathy Has Significant Contribution In Service Studi Kasus pada Spa Martha Tilaar”. Jurnal Martha Tilaar Group, hal.27-28.

Kertajaya, Hermawan. (2004). Marketing in Venus. Jakarta: Markplus&Co.

Kumala, Lia Wita, dkk. Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan

Peter, J Paul dan Jerry C Olson. (1996). Customer Behaviour and Marketing Strategy. New York: McGraw Hill Co.

Schmitt, Bernd H. (1999). Experiential Marketing: How to Get Your Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. New York: The Free Press.

Silverman, George. (2011). The Secrets of Word of Mouth Marketing: How to Trigger Exponential Sales through Runaway Word of Mouth. New York: AMACOM.

Supranto, J. (2006). “Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran”. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijaya, T. (2009). Analisis Sstructural Equation Model, Menggunakan AMOS. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.