candi borobudur kerajaan di indonesia

PERILAKU MENYONTEK DITINJAU DARI ORIENTASI TUJUAN BELAJAR SISWA SMA/MA DI SURAKARTA

Rahmawati - -, Trisno Martono - -, Harini - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Memahami dan mengeksplorasi orientasi tujuan belajar siswa, 2) Memahami dan mengeksplorasi hubungan orientasi tujuan belajar dan perilaku menyontek pada siswa, 3) Memahami dan mengeksplorasi perilaku menyontek yang dilakukan siswa,  4) Mengeksplorasi strategi yang dapat dilakukan untuk menangani perilaku menyontek pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMA/MA di Surakarta. Informan penelitian ini adalah siswa SMA/MA di Surakarta yang berjumlah 13 siswa, 3 peserta diskusi kelompok terarah, dan 2 informan kunci. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini purposeful samplingdengan strategi sampling variasi maksimal.Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam, diskusi kelompok terarah, dan dokumentasi.Analisis data yang dinggunakan adalah analisis induktif, analisis interaktif, dan analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 dari 13 informan (97%) memiliki orientasi belajar kinerja. Siswa dengan orientasi belajar kinerja lebih rentan menyontek karena siswa yang berorientasi kinerja akan lebih mementingkan hasil (nilai).Beberapa strategi dapat diterapkan untuk menangani perilaku menyontek, salah satu yang terpenting adalah dukungan dari sistem pendidikan yang berlaku.Simpulan dari penelitian ini adalah perilaku menyontek pada siswa merupakan refleksi dari orientasi belajar siswa yang cenderung lebih mengejar nilai daripada kompetensi (orientasi kinerja).

 

Kata kunci: Perilaku menyontek, orientasi belajar, siswa SMA/MA di Surakarta

 

The objective of this research is to 1) Understand and explore the goal orientation of the students, 2) Understand and explore the relationship between the goal orientation and cheating behavior on the students, 3) Explores cheating behavior on the students, 4) Explores strategies that can be undertaken to handling cheating behavior on the students.This research is a qualitative descriptive study.This research was conducted in several high school in Surakarta.The informants are high school students in Surakarta totaling 13 students, 3 participants of focus group discussions and 2 key informants.The sampling technique used in this study was purposeful sampling with a maximum variation sampling strategy.While data collection techniques used were moderate participation observation, in-depth interviews, focus group discussions, and documentation.Data analysis used were inductive analysis, interactive analysis, and SWOT analysis. The results showed that 12 of the 13 informants (97%) had a performance goal. Students with performance goal are more prone to cheat because of student with performance-oriented will be more concerned with the results (grades).Several strategies can be implemented to deal with cheating behavior, one of the most important is the support of the education system in force.Conclusions from this research is cheating behavior on the students is a reflection of student goal orientation are more likely to pursue value rather than competence (performance orientation).

 

Keywords: cheating behavior, goal orientation, high school students in Surakarta



Full Text:

PDF

References


Affifudin & Saebani, B. A. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia.

Agustinus, Sri Wahyudi.1996.Manajemen Strategik, Pengantar Proses Berfikir Strategik. Bina Aksara.

Alhadza, Abdullah. 2007. Masalah Menyontek (Cheating) Di Dunia Pendidikan.http://library.um.ac.id/alhadzah

Anderman, E. M & Danner, Fred. (2008). Achievement Goals and Academic Cheating.Revue Internationale De Psychologie Sociale.P.155-180. Diperoleh 13 Januari 2015, dari http://cairn.info.htm

Arthur A. Thompson, Jr., A. J. Strickland III, and John E. Gambl. 2008.Crafting &Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage, InternartionalEdition, 16th ed. McGraw-Hill: United States of America

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana

Cresswell, 2010.Researche Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.Pustaka Siswa

Eastman, Kevin L; Eastman, Jacqueline K; Iyer, Rajesh. 2008. Academic Dishonesty: An Exploratory Study Examining Whether Insurance Students Are Different From Other College Students. Malvern: Blackwell Publishing Ltd.

Firmin, Michael W et all. 2007. Cognitive Responses of Students Who Witness Classroom Cheating. Mobile, United States: Journal of Instructional Psychology.

Hartanto, Dody. 2012. Menyontek: Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya. Indeks

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.

Hutton, Patricia A. 2006. Understanding Student Cheating and What Educators Can Do About It. Washington, United States:Taylor & Francis Inc.

Irawati, Intan. (2008, 30 Juni) Budaya Menyontek di Kalangan Pelajar. Kabar Indonesia. Diperoleh 12 Februari 2015, dari http://KabarIndonesia.htm

Küçüktepe, Seval Eminoglu. 2014. College Students' Cheating Behaviors. Palmerston North, New Zealand: Scientific Journal Publishers Ltd.

McCabe, Donald L. 1999. Academic Dishonesty Among High School Students. Roslyn Heights, United States: Libra Publishers Incorporated.

Moleong, L.J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi. PT. Remaja Rosda Kaya

Mukhtar.2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group

Murdock, Tamera B. 1999. Discouraging cheating in your classroom. Reston: National Council of Teachers of Mathematics

Patton, Michael Quinn. 2009. Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Pujiatni, Kris & Lestari, Sri. (2010). Studi Kualitatif Pengalaman Menyontek pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Humaniora, 11(2), 103-110

Putra, Nusa. 2012. Penelitian Kualitatif : Proses dan Aplikasi. PT. Indeks

Reece, Tamekia. 2009. Cheat Sheet. Stamford: Scholastic Inc.

Rehman, Rana Rashid & Waheed, Ajmal. (2014). Ethical Perception of University Students About Academic Dishonesty in Pakistan: Identification of Student’s Dishonest Acts.The Qualitative Report, 2014/19 ( 7), 1-13

Rosile, Grace Ann. 2007. Cheating: Making It A Teachable Moment. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks

Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta

Taylor, R Kelley. (2003). Cheater, Cheater....Reston: National Association of Secondary School Principals


Refbacks

  • There are currently no refbacks.