candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KINERJA DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Pahrudin - -

Abstract


Guru mempunyai peranan yang signifikan dan penting dalam kemajuan pembangunan pendidikan yang mendukung pembangunan nasional. Sebagai hasil, guru seharusnya menjadi pusat pembangunan nasional, khususnya sumber daya manusia. Idealnya guru harus mempunyai kinerja dan kompetensi seperti pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam kenyataannya, tidak semua hasil dalam layanan pendidikan dapat tercapai seperti kinerja dan pengembangan. Disisi lain, guru kurang mempunyai inovasi dalam proses pembelajaran. Dari alasan tersebut, peningkatan kinerja dan kualitas guru sangat penting. Hasil dari peningkatan kinerja dan pengembangan guru adalah sebagai petunjuk untuk menciptakan proses pembelajaran lebih efektif dan  selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa. Guru mempunyai peran yang signifikan dalam kemajuan pendidikan nasional, hasil dari peningkatan kinerja dan pengembangan guru akan memberikan  kualitas pendidikan yang tinggi di negeri ini. Tujuan dari makalah ini adalah menjelaskan kinerja  dan pengembangan profesional guru. Metode  dalam makalah ini adalah menggunakan studi kepustakaan berdasarkan pada teori kinerja atau kompetensi dan pengembangan guru. Hasil menunjukkan bahwa perlunya peningkatkan kinerja atau kompetensi guru dan pengembangan profesionalitas seperti (1) pengembangan dan peningkatan skill (kemampuan mengajar), (2) pengembangan dan peningkatan organisasi dan (3) pengembangan dan peningkatan keperibadian (motivasi berprestasi)  yang dapat meningkatkan  kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Kata Kunci: kinerja/kompetensi, pengembangan, profesionalitas, mutu

 

Teachers have role a significant and important  in the progress of development education, which supports to the national development. As the result, teacher should be centre a national development, especially human resources. Ideally, teachers should be have good performance and competency  to enhance achievement of students such as : paedagogic, personal, profesional and social. In reality, however, not all the product this pre-service education can achieve such as performance and competency. In the other hand, teachers least have inovation in process of learning. From that reason, improving teacher’s performance and development are very important. The effort from improvement teacher’s competency and development profesionalism are intended to guide to be able to create more effective learning process, which then results in the improvement of learner’s achievement. Since, teachers have significant role in the progress of nation education, any efforts to improve teacher quality will give result in higher quality of education in this country. There are There are at least skill and have  influence in development character nation. The aim this paper is to explain the performance and development teacher’s profesionality. The method this paper use library research based on theories of performance and development teacher. The result from the article show that to increase performance or competency is important and development teacher’s professional should be done in three different scheme: (1) the skill improvement (that include the teaching skills), (2) Development and improvement of organization  and (3) developing and improving personality (achievement motivation) to increase quality education in Indonesia.

 

Keyword: performance/competency,development, profesionality, quality

 


Full Text:

PDF

References


Achmad, R. dan Catharina, T. A. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang. UNNES Press.

Ardiansyah. http://arminaperdana.blogspot.com. Diakses pada tanggal 26 oktober 2015, jam 15.00.

Cuttence, P. 2001. School Innovation, Pathway to The Knowledge Society. Departement of Education Australia. www.dest.govt.au Diakses pada tanggal 25 Oktober 2015.

Marsh, C. 1996. Handbook for Begining Teacher. South Melbourne. Longman

Diaz-Maggioli, G. 2004. Teacher-Centred Professional Development. Virginia. Assosiation for Supervision and Curriculum Development.

H.A.R. Tilaar. 2011. Manajemen Pendidikan Nasional, Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung. Rosdakarya

Hamalik, O. 2008. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta. Bumi Aksara.

Hasibuan, M.S.P. 2005. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta. Bumi aksara.

Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Musfah. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta. Kencana Perdana Media Group.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta. Hikayat Publishing

Selvi, K. 2010. Teachers Competencies. Cultura International Journal of Phylosophy and Culture and Axiology. Vol VII. No.1.2010.

Sukmadinata, dan Nana, S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Uno, H. 2012. Profesi Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sisdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.