candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Novela Nariska Putri - -

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran akuntansi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Malang dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan. Aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan, aktivitas siswa pasif, dan hasil belajar kurang dari KKM. Tujuan penelitian adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), diharapkan bisa meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian penelitian tindakan kelas di SMA Negeri 8 Malang, semester 2 tahun ajaran 2013/2014. Dilaksanakan 2 siklus, materi jurnal penyesuaian dan kertas kerja perusahaan dagang. Subyek 34 siswa kelas XI IPS 1. Pengumpulan data: tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat di atas KKM. Saran Bagi Sekolah, memfasilitasi pelatihan,bagi guru, untuk menerapkan dikelas agar dapat mengatasi masalah keaktifan siswa dalam pembelajaran, bagi peneliti, satu kelompok didampingi satu observer.

 

Kata Kunci: metode STAD (Student Teams Achievement Division), aktivitas belajar, hasil belajar.

 

Implementation of accounting learning for the eleventh grade students of Social Studies 1at SMAN 8 Malang is delivered by lecture method, discussion, and assignments. activity and learning outcomes still unsatisfactory, activity of the student stend to be passive and learning outcomes less than the standard passing grade. The purpose of research is the application of Model Student Teams Achievement Division (STAD) expected to increase the activity and student learning outcomes in accounting subject for the eleventh grade students of Social Studies 1at SMAN 8 Malang in 2013/2014 academic year. This research is Classroom Action Research (CAR) held in SMAN 8 Malang in the second semester of 2013/2014 school year. Conducted in two cycles on Adjusting Entries and Trade Working Paper Company material. Subject 34 students of class XI IPS 1. Data collection through test, observation, documentation, and field notes. Results showed activity and student learning outcomes increases above the standard passing grade. Suggestions for Schools, facilitating training for teachers, to implement in the classroom in order to overcome the problem of students' activity in learning, for researchers, one group was accompanied by one observer.

 

Keywords: STAD (Student Teams Achievement Division) method, learning activity, learning outcome

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung. Alfabeta.

_____. 2010. Pembelajaran Kooperatif meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.