candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP N 05 KOTABUMI

Nasmal Hamda - -

Abstract


Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Teams Games Tournament merupakan suatu cara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang akan disesuaikan dengan materi ajar, sebagai upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Adapun penerapan model pembelajaran yang digunakan adalah (1) Teach/Presentasi Kelas (2) Kelompok/ Teams (3) Permainan/Games (4) Pertandingan/Tournament (5) Penghargaan Tim. Hasil belajar merupakan nilai Subsumatif yang diperoleh siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu yang disajikan dalam bentuk nilai atau angka.

                   Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan penulis yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah masih masih banyak siswa yang belum tuntas dalam mengikuti pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 05 Kotabumi tahun pelajaran 2013/2014. Sehubungan dengan masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah “ Apakah Ada Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Kotabumi Tahun Pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran   cooperative learning type teams games tournament terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 05 Kotabumi tahun pelajaran 2013/2014. Sedangkan Hipotesis yang penulis tulis adalah ada pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran  cooperative learning type teams games tournament terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 05 Kotabumi tahun pelajaran 2013/2014.

                                   Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 05 Kotabumi yang berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas VIIA sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, metode eksperimen, dan metode tes. Sedangkan untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas test menggunakan rumus K-R 20 menurut Suharsimi Arikunto(2010:230), dengan rumus sebagai berikut:

  dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Regresi Linier sederhana  Nilai Ŷ= 35,1693 + 0,6198 yang dilanjutkan dangan rumus thitung  =   = 4,7531. Ttabel  = 1,70. Hal ini ditujukan dengan thitung > ttabel, dan terlihat bahwa pada taraf signifikan 5% yaitu 4,75 > 1,70. Dan pada taraf signifikan 1 % yaitu 4,75 > 2,46, yang dapat dilihat pada daftar G tabel statistik.

                                   Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan model pembelajaran  cooperative learning type teams games tournament terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 05 Kotabumi tahun pelajaran 2013/2014.

                                   Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning type teams games tournament dalam proses pembelajaran akan meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 05 Kotabumi tahun pelajaran 2013/2014.

                                   Adapun saran yang diajjukan dalam penelitian ini(1)Dalam meningkatkan hasil belajar siswa diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan kepada siswa sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan kondusif, serta mampu meningkatkan hasil belajar secara maksimal. Alternatif model pembelajaran yang penulis sarankan yaitu model pembelajaran cooperative learning type teams games tournament karena model ini merangsang siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. (2)Diharapkan bagi siswa agar dapat lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas.

 

Kata kunci : Pengaruh, penggunaan model cooperative learning type teams games tournament dan Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Dimiati, dan Mujiono.2006.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta

Karwono. dan Mularsih, Heni. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Cerdas Jaya.

Mortimer J. Adler.2012.Pengertian Pendidikan. (http://sobatbaru.blogspot.com)

Hamalik Oemar.2000.Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ilahi Takdir. 2012. Revitalisasi Pendidikan. Jogyakarta: Ar-ruzz Media

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Jakarta.

Sugiyono.2010.Metodologi Penelitiankuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.Bandung

Trianto.2009.Mendesain Model Pembelajaraninivatif-Progresif.Jakarta: Prenada Media

Universitas Muhammadiyah Metro. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi Revisi. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

UU No.20 Tahun 2003. Pengertian pendidikan (http://www.anneahira.com)

Yasa, Doantara.2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments. 11 juni 2012. Infogue. 27 Juni 2012.http://pendidikan.infogue.com/ pembelajaran_ kooperatif_tipe_ teams_games_tournaments_tgt.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.