candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 8 MALANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014

Mar’atus Sholihah - -

Abstract


Bagi seorang pendidik, pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat agar pilihan itu tepat atau relevan dengan berbagai aspek pembelajaran yang lain, efisien, dan menarik. Pembelajaran yang selama ini diterapkan oleh guru membuat siswa menjadi pasif, hal ini ternyata kurang dapat menyerap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Hal ini tercermin dari nilai UTS semester ganjil yang hasilnya buruk. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman daya ingat siswa terhadap materi pelajaran adalah dengan membelajarkan siswa cara mencatat yang baik yaitu melalui model pembelajaran Mind Mapping Penerapan pembelajaran ini menekankan keaktifan dan kemandirian siswa, baik secara fisik amupun mental, siswa diberi kesempatan untuk belajar berfikir, menghafal, menghayati, bekerjasama, berinteraksi, kreatif, dan terampil.

                Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kreativitas siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Malang, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS 1 SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah27 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari dan Februari 2014.

                Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya presentase hasil kreativitas siswa siklus I yang meningkat dari  siklus II sebesar 21.61 %. Sedangkan hasil belajar siswa ranah kognitif juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya presentase hasil belajar siswa siklus I yang meningkat dari siklus II sebesar 29.63 %.

                Berdasarkan hasil tersebut, disarankan bagi guru Ekonomi agar menggunakan model pembelajaran Mind Mappingsebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran.

 

Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas belajar, Hasil belajar.

 

For an educator, teaching model selection should be done carefully so that it is the right choice or relevant to other aspects of learning, efficient, and attractive.  The existing learning which has been applied by the teacher can make students to be passive, less able to absorb the material being taught.Therefore, student learning outcomes is still low. This is reflected in the middle test score that is still low. One of the strategy that can be used to enhance the students' understanding to memorize the subject matter is by telling them how to make a note well through Mind Mapping learning model that emphasizes the application of this learning activity and independence of students, both physically and mentally.Studentsare given the opportunity to learn to think, memorize, live, collaborate, interact, creative, and skilled.

This study aims to: (1) determine the creativity of students in the Economics subject for the tenth grade students of social studies 1 atSMAN 8 Malang; (2) determine student learning outcomes in Economics subjects for the tenth grade students of social studies 1 at SMAN 8 Malang. This study used a qualitative approach with Classroom Action Research (CAR) which wasconductedin 2 cycles. In each cycle consists of 2 meetings and through 4 stages: planning, implementation, observation and reflection stages. The research subjects were students of the tenth grade students of social studies 1 at SMAN 8 Malang consisting of 27 people. This research was conducted in January and February 2014.

Based on the results of the study, it showed that an increase in creativity and student learning outcomes for the tenth grade students of social studies 1 at SMAN 8 Malang. This can be shown by the percentage of the creativity of the first cycle of students increased from 21.61 % for the second cycle. Meanwhile, the cognitive learning outcomes of students also increased. This can be shown by the percentage of student learning outcomes in the first cycle is increased from 29.63 % for the second cycle.

Based on these results, it is advisable for teachers to use instructional model for Economics by using Mind Mapping as an alternative learning in the classroom to promote creativity and student learning outcomes. For further researchers are expected to conduct similar research in order to improve the quality of learning.

 

Keywords: Mind Mapping, Learning Creativity, Learning Outcome


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kettunen, Juha et al. 2013. Innovation pedagogy and desired learning outcomes in higher education. Journal of On the Horizon, Vol. 21 Iss 4 pp. 333 – 342. http://dx.doi.org/10.1108/OTH-08-2011-0024. diakses pada tanggal 15 Oktober 2015.

Mento, Anthony J et al. 1999. Mind mapping in executive education: applications and outcomes. Journal of Management Development, Vol. 18 Iss 4 pp. 390 – 416. http://dx.doi.org/10.1108/02621719910265577. (Online), diakses pada tanggal 15 Oktober 2015.

Mittal, Swati dan Dhar, Rajib Lochan. 2015. Transformational leadership and employee creativity. Journal of Management Decision, Vol. 53 Iss 5 pp. 894 – 910. http://dx.doi.org/10.1108/MD-07-2014-0464. (Online), diakses pada tanggal 15 Oktober 2015.

Pollitt, David. 2003. Mind mapping your way to a better career. Journal of Career Development International, Vol. 8 Iss 5 pp. 253 – 256. http://dx.doi.org/10.1108/13620430310698572. (Online), diakses pada tanggal 15 Oktober 2015.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.