candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 UNGARAN

M Fathur Rahman - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Ungaran. Populasi penelitian ini berjumlah 132 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 siswa, pengambilan sampel ini menggunakan metode probility simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier dan analisis jalur. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu dukungan orang tua (X1) dan fasilitas belajar di sekolah (X2), motivasi belajar sebagai intervening (Y1), dengan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y1 = 32,466+ 0,264X1  + 0,323X2 +  dan Y2 = 41,747 + 0,402X1 + 0,406X2 + 0,45Y1+ . Hasil análisis jalur menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung (DO-PB), (FB-PB),  (MB-PB), dan pengaruh tidak langsung (DO-MB-PB) dan (FB-MB-HB).

 

Kata Kunci :  Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Dukungan Orang Tua, Fasilitas Belajar Di Sekolah

 

This research aims to determine the effect of namely parental support and learning facilities learning achievement motivation through eighth grade students of SMP Negeri 2 Unggaran. The study population totaled 132 students and the sample in this study is 99 students, this sampling method probility simple random sampling. Methods of data collection using questionnaires and documentation. Engineering data analysts used in this study is a linear regression and path analysis. The study consisted of two independent variables, namely parental support (X1) and learning facilities (X2), motivation to learn as intervening (Y1), the learning achievement (Y) as the dependent variable.  The results were obtained regression equation Y1 = 32,466+ 0,264X1  + 0,323X2 +  dan Y2 = 41,747 + 0,402X1 + 0,406X2 + 0,45Y1+ . The results of path analysis showed that there is a direct effect (DO-PB), (FB-PB), (MB-PB), and the indirect effect (DO-MB-PB) and (FB-MB-HB).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka cipta.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khafid, Muhammad. 2008. “Faktor-faktor yang mempengaruhi Ketuntasan Belajar Akuntansi : Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening”. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 1. Nomor 1 Juni.

Rambe, Ade Riza Rahma. 2010. “Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self‐Directed Learning pada Siswa SMA”. Jurnal Psikologi. Vol 37. No.2 Desember : 216-223.

RC, Ahmad Rifa’i dan Chatarina Tri Anni. 2009. ”Psikologi Pendidikan”. Semarang: UPT UNNES Press.

Sarafino, E. P. 1998. Health Psychology. New York: Biopsychology Interaction.

Simbolon, Hendri Rianto. 2012. “Hubungan Prestasi Belajar Kompetensi Kejuruan dan Dukungan Orang Tua Dengan Pilihan Pekejaan Siswa SMK Negeri 1 Merdeka Kab. Karo”. Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tan, Jane Heidyani. 2013. “Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Kelas IV Dan V DI SD Negeri Kawangkoan Kalawat”. Ejournal Keperawatan. Vol 1. Nomer 1 Agustus.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.