candi borobudur kerajaan di indonesia

MERANCANG PERANGKAT PEMBELAJARAN EKONOMI SMA KELAS X MATERI MASALAH EKONOMI DAN CARA MENGATASINYA DENGAN PENDEKATAN SAINSTIFIK

Lilik Sri Hariani - -

Abstract


 

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam perangkat pembelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini, metode dan pengembangan dimodifikasi dan disesuikan dengan tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menyusun perangkat pembelajaran ekonomi SMA Kelas X untuk materi masalah ekonomi dan cara mengatasinya dengan pendekatan sainstifik. Perangkat pembelajaran yang disusun terdiri atas (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan (3) buku siswa dan buku  panduan guru. Hasil penilaian  dari  validator terhadap RPP, LKS, buku siswa, dan buku panduan guru,  menunjukkan bahwa semua perangkat pembelajaran valid dan reliabel. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa: (1) dari sisi  kepraktisan, dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori “terlaksana dan reliabel”, dan (2) dari sisi keefektifan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa hasil aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, respon siswa, respon guru dan hasil belajar siswa, dalam katagori terlaksana dengan baik. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat baik terbukti dari hasil angket yang disebarkan menunjukkan 85% siswa menyatakan senang terhadap pembelajaran yang diberikan. Hasil ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dibuat dinyatakan praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. 

 

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, ekonomi, pendekatan saintifik

 


This study includes research to develop and validate the development of products which are used in the learning economy. In this study, methods and development of modified and adapted to the purposes of research. The purpose of this research is to develop the economic learning SMA Class X to material economic problems and how to overcome them with a scientific approach. The device consists of a structured learning (1) lesson plan (RPP), (2) Student Activity Sheet (LKS), and (3) the student book and teacher guide books. Results of the assessment of the validator of the lesson plans, worksheets, student books and teacher's guide book, shows that all valid and reliable learning tools. Test results show that: (1) in terms of practicality, it can be concluded that feasibility study is in the category "accomplished and reliable". And (2) of the effectiveness of study it can be concluded that the results of the activity of the student, the teacher's ability to manage learning, student response, the response of the teacher and student learning outcomes, in the category of performing well. Students' response to learning very well evident from the results of a questionnaire distributed showed 85% of students expressed delight on learning that is given. These results indicate that the device is made otherwise learning is practical and effective for use in teaching and learning in schools.

 

Keywords: learning tool, economics, scientific approach



Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008a. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta. Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Mandikdasmen, Depdiknas.

________. 2008b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 2 tahun 2008 Tentang Buku. Jakarta. Depdiknas.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013, Mata Diklat 2 Analisis Materi Ajar Jenjang SD/SMP/SMA, Mata Pelajaran: Konsep Pendekatan Scientific.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013

Rusdi, A. 2008. Perangkat Pembelajaran, dan Online, https://anrusmath.wordpress.com/2008/09/29/perangkat-pembelajaran/.

Sisdiknas. 2012. Uji Publik Kurikulum 2013: Penyederhanaan, Tematik-Integratif. http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-1.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suhadi. 2007. Petunjuk Perangkat pembelajaran. Surakarta: Online, Universitas Muhammadiyah, http://anrusmath.wordpress.com/2007/09/29/perangkat-pembelajaran.

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta. Kanisius.

Tahusetya, S. 2012 Mencermati Draft Uji Publik Kurikulum 2013. Online http://sawali.info/2012/12/05/mencermati-draft-uji-publik-kurikulum-2013/.

Trianto. 2007a. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya. Prestasi Pustaka.

______. 2007b. Model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya. Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.