candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI SAKRA

KANZUL AINI HADIKATUL ILMI - -

Abstract


Economic Studies in junior leads to learning that emphasizes the development of creativity and knowledge of learners. This means that the learning process has been implemented reflecting multidirectional communication and refers to the active participation of students in learning activities, so that the teachers' skills in managing an effective learning are indispensable. For the achievement of these efforts will require learning innovation, one of them by applying realistic learning in the learning process. This study aims to determine the application of realistic learning to improve learning achievement Integrated IPS students of class VII SMP Sakra.

This type of research is conducted action research. In this study, the sample of all students in a class is VIIc SMP Sakra school year 2012/2013 the number of students 22 .. Based on the results of research carried out in the second cycle in the first cycle of learning has been quite active with student activity score first meeting obtained by 2 , 25 and to the second meeting at 2.85, while the results of the evaluation study obtained average value of 82.45 and reached 77.27% classical completeness. While in the second cycle, the student activity score in the first meeting at 3.93 and at -2 pertemuanke of 4.2. and student achievement scores increased by an average of 85.27 and at 90.91% classical completeness. Thus, the application of realistic learning can improve student achievement in social studies Integrated. One arternatif to improve student achievement is to apply the learning method that is capable of motivating students.

Keywords: Realistic learning and learning achievement

 

Pembelajaran Ekonomi di SMP mengarah pada pembelajaran yang menekankan pada kreatifitas dan pengembangan pengetahuan peserta didik. Hal ini berarti bahwa proses pembelajaran yang telah dilaksanakan mencerminkan komunikasi multi arah dan mengacu pada partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran yang efektif sangat diperlukan. Untuk tercapainya usaha tersebut maka diperlukan inovasi pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran realistik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran realistik dalam meningkatkan prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN SAKRA.

Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini yang menjadi sempel adalah seluruh siswa kelas VIIc SMPN SAKRA tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 22 orang.. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dalam II siklus pada siklus I pembelajaran sudah cukup aktif dengan skor aktivitas siswa Pertemuan pertama yang diperoleh sebesar 2,25 dan pertemuan ke 2 sebesar 2,85, sementara dari hasil evaluasi belajar diperoleh nilai rata-rata 82,45 dan ketuntasan klasikal mencapai 77,27 %. Sementara pada siklus II, skor aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 3,93 dan pada pertemuanke -2 sebesar 4,2. dan prestasi belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 85,27 dan ketuntasan klasikal sebesar 90,91%..

Jadi, penerapan pembelajaran realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Salah satu arternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang mampu membangkitkan motivasi siswa.

 

Kata kunci : Pembelajaran Realistik dan prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Aisyah. 2009.maningkakan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan organ manusia drngan menggunakan pembelajaran kontekstual. Skripsi STKIP.

Arikonto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaifulbahri. 1994. Prestasi dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional

Depdiknas. 2008. Pembelajaran Motif dan Prinsip Ekonomi. Jakarta : Balitbang

Hasan, Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Kamus besar Bahasa Indonesia, 1998. Jakarta : Balai Pustaka

Laila Fitrianingsih. 2003. efektifitas pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar matematika :Skripsi STKIP

Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktek Penelitian Tindakan. Jakarta : CV. Rajawali.

Moejono.1996. tentang prestasi belajar, jakarta : S.P. Rajawali

Muhzana. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Selong : STKIP Hamzanwadi

Numan, Sumantri, Muhammad. 2001. Pembaruan Pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Nurkanca, wayan. 1981. evaluasi hasil belajar, surabaya : Usaha Nasional

Purwanto, Ngalih, M. 2002. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Purwanto Ngalim, 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rieneka Cipta

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : CV. Rajawali

Suryabrata, Sumadi. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakrta : CV. Rajawali

Syamsudin, Abidin. 2003. Psikologi Kependidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja grafindo Persada

Wiriaatmadja, Rochiani. 2006. Metode Penelitian Tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wijaya. 1992. Beljar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rieneka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.