candi borobudur kerajaan di indonesia

PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI PENDIDIKAN DAN LATIHAN SERTA PENGALAMAN MENGAJAR DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN DELANGGU TAHUN 2014

Febyana Putri Komalasari - -

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMP Negeri se-Kecamatan Delanggu tahun 2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang tersertifikasi di SMP Negeri se-Kecamatan Delanggu yang berjumlah 131 guru, dengan sampel 95 guru yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y=9,759+0,304 X1+0,370 X2 yang artinya profesionalisme guru dipengaruhi oleh pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar. Kesimpulan yang diperoleh: 1) Ada pengaruh pendidikan dan latihan terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan hasil uji t diperolehthitung>ttabel, yaitu -2,424> 1,9860 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017. 2) Ada pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan hasil uji t diperolehthitung>ttabel, yaitu 3,123> 1,9860 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Ada pengaruh pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru. Hal ini berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung>Ftabel, yaitu 7,002 > 3,10 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 4) variabel pendidikandan latihan memberikan sumbangan efektif sebesar 4,75%, variabel pengalaman mengajar memberikansumbagan efektif sebesar 8,45% total sumbangan efektif adalah sebesar 13,2%, sehingga dapat dikatakan bahwa pengalaman mengajar lebih dominan mempengaruhi profesionalisme guru. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,132 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pendidikan dan latihan serta pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guruadalah sebesar 13,2% sedangkan 86,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

 

Kata kunci: pendidikan dan latihan, pengalaman mengajar, profesionalisme guru

 

The study was to determine the effect of education and training as well as teaching experience in the professionalism of teachers in SMP throughout the District Delanggu 2014. This study includes quantitative research associative. The population in this study is a certified teacher in SMP throughout the District Delanggu totaling 131 teachers, 95 teachers with samples obtained by simple random sampling technique. Results of regression analysis regression equation Y = 9.759 + 0.304 +0.370 X 1 X 2, which means that the professionalism of teachers is influenced by education and training as well as teaching experience. Conclusion: 1) There is the influence of education and training in the professionalism of teachers.Based on the test results obtained by t t> t table, ie -2.424> 1.9860 (α = 5%) and a significance value <0.05, namely 0.017. 2) There is an effect of teaching experience in the professionalism of teachers. Based on the test results obtained by t t> t table, namely 3.123> 1.9860 and the significance value <0.05, namely 0.002. 3) There is the influence of education and training as well as teaching experience in the professionalism of teachers. This is based on test results obtained F Fcount> F table, namely 7.002> 3.10 and a significance value <0.05, namely 0.001. 4) education variable and exercise contribute effectively amounted to 4.75%, the variable teaching experience giving sumbagan effectively amounted to 8.45% of the total contribution is 13.2% effective, so that it can be said that the experience of teaching a more dominant effect on the professionalism of teachers. 5) The result of the coefficient of determination (R2) of 0.132 indicates that the influence of education and training as well as teaching experience in the professionalism of teachers was of 13.2%, while 86.8% is influenced by other variables.

 

Keywords: education and training, teaching experience, professionalism of teachers



Full Text:

PDF

References


Hendri, Edi. 2010. “Guru Berkualitas : Profesional dan Cerdas Emosi”. Jurnal Saung Guru. Vol 1, No. 2.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta. Rajawali Pers.

Kurniawan, Nanang dkk. 2012. “Hubungan Pengalaman Mengajar dan Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012”

Murwati, Hesti. 2013. “Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta”. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi.Vol. 1 No. 1.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 Ayat 3 Butir C tentang Pengalaman Mengajar.

Saud, Udin Syaefudin. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Bandung. Alfabeta

Suyanto dan Djihad, Asep.2012. Calon Guru dan Guru Profesional.Yogyakarta. Multi Pressindo

Uno, Hamzah B. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Wahyudi.Oktober 2010.“Standar Profesionalisme Guru”.Jurnal Pendidikan dan Sosiologi dan Humaniora.Vol. 1, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.