candi borobudur kerajaan di indonesia

PERBEDAAN KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL DIKALANGAN MAHASISWA PENDIDIDKAN EKONOMI FKIP UKSW DITINJAU DARI EKSPEKTASI SETELAH LULUS

Entri Sulistari - -, Andri Ayu Madyaningrum - -, Madiya - -

Abstract


Program studi Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW sebagai sebuah LPTK ternyata memiliki keragaman mahasiswa dalam hal ekspektasi setelah lulus. Dalam hal ini, terdapat mahasiswa yang bercita-cita atau berekspektasi menjadi guru, bekerja di perusahaan, berwiraswasta, dsb setelah lulus. Ekspektasi tersebut dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu guru dan selain guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji perbedaan kesiapan menjadi guru profesional di kalangan mahasiswa pendidikan ekonomi UKSW antara mahasiswa yang berekspektasi menjadi guru setelah lulus dan mahasiswa yang berekspektasi menjadi selain guru setelah lulus. Pendekatan dari penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Data di kumpulkan dengan tekhnik angket yang di isi oleh 36 mahasiswa. Data yang terkumpul di analisis dengan tekhnik uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan kesiapan menjadi guru profesional di kalangan mahasiwa pendidikan ekonomi di tinjau dari ekspektasi setelah lulus. Mahasiswa yang berekspektasi menjadi guru setelah lulus memiliki kesiapan menjadi guru profesional yang sama dibandingkan dengan mahasiswa yang berekspektasi menjadi selain guru setelah lulus. Nilai t sebesar 1,834 yang signifikan pada tingkat kesalahan 0,083 (lebih besar dari 0,05) yang berarti H0 diterima.

 

Kata kunci: kesiapan mahasiswa menjadi guru profesional, ekspektasi setelah lulus

 


Full Text:

PDF

References


Ace Suryadi, 2007. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, 83-98

Cloete, Elsabe, 2000. Electronic education system model, Department of Computer Science and Information Systems, South Africa

Danim, Sudarwn 2010. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfa Beta

Dryden, G. & Vos, J. (2003). Revolusi cara belajar (The learning revolution). Bandung: Kaifa.

Gustiani, Dina Fani. 2011. Motivasi mahasiswa studi di Program Studi IPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Thesis, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Harry B. Santoso, 2006. e-Learning: Belajar Kapan Saja, Dimana Saja. http://www.unhas.ac.id/ Learning.pdf

Lemhannas RI. 2013.Penguasaan, Pemanfaatan dan Pemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna Kejayaan Bangsa dalam rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI Edisi 16, November 2013.

Siagian, Sondang P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto, 2013.Pemanfaatan ICT Dalam Peningkatan Berpengaruhnya Belajar Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Dalam Pengembangan Model Pengoraganisasian Isi PerkuliahanPengembangan Kurikulum SD MahasiswaS1 PGSD FKIP UKSW Salatiga 2012.Seminar NasionalAplikasiTeknologiInformasi (SNATI). Jogjakarta, 15 Juni 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.