candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL FACEBOKK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMASARAN ONLINE DI SMK NEGERI 3 SURAKARTA

Dwi Hendra Kusuma - -, Sri Wahyuni - -, Leny Noviani - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran dengan teknologi video tutorial yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemasaran online kelas X PM 1 SMK Negeri 3 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Riset dan Pengembangan. Perancangan dilakukan dengan melalui prosedur tahap studi pendahuluan dan tahap pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian ahli materi yang menyatakan bahwa media pembelajarannvideo tutorial memenuhi kriteria baik sekali dengan persentase sebesar 91%. Penilaian ahli media terhadap media video tutorial dengan rata-rata sebesar 88% yang memenuhi kriteria baik sekali. Penilaian ahli multimedia terhadap media video tutorial dengan rata-rata sebesar 79% yang memenuhi kriteria baik. Tanggapan pada uji coba terbatas, memperoleh rata-rata sebesar 73% yang memenuhi kriteria baik, kemudian tanggapan dari siswa pada uji coba luas memperoleh rata-rata sebesar 78% yang memenuhi kriteria baik. Hasil post test yang telah dilakukan memperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi sebesar 80 dari nilai sebelumnya sebesar 73, serta memperoleh presentase ketuntasan sebesar 76 %.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, video tutorial, pembelajaran pemasaran online, multimedia pembelajaran, facebook.


Full Text:

PDF

References


Ardianti, Ni Made Yunia. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dengan Pokok Bahasan Desain Grafis Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Sukasada. 1 (3): 219-243.

Ariani, N. & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arsyad, Azhar. (1997). Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baso, Intang Sappaile. (2006). “Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Khusus, Desember 2006.

Djamarah, Bahri, S., dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Oetomo, B. S. D. (2002). E-education; Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Suharno, Sukardi, Chodijah & Suwalni. (2000). Belajar dan Pembelajaran II. Surakarta: UNS Press.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan,dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.