candi borobudur kerajaan di indonesia

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA

Diniyati Marfu’ah - -, Mintasih Indriayu - -, Jonet Ariyanto Nugroho - -

Abstract


Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang lebih tinggi pada mata pelajaran Ekonomi antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu, dengan sampel 67 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Penelitian ini disimpulkan: (1) Terdapat perbedaaan hasil belajar siswa antara pembelajaran mengunakan model pembelajaran STAD dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, dari perolehan t hitung nilai postes sebesar -5,001 yang nilai tersebut lebih besar dari 1,997. (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Perhitungan menunjukkan bahwa nilai t hitung -2,607 lebih besar dari t tabel 1,997.

Kata kunci: hasil belajar, STAD, Mind Mapping 


The purpose of research (1) to determine differences in student learning outcomes on economic subjects between learning is using models STAD by learning is using model Mind Mapping. (2) To determine differences in student learning outcomes are higher in the subjects of Economics between learning is using models STAD by learning is using model Mind Mapping. This research used quasi-experimental, with a sample of 67 students. Sampling was done by cluster random sampling. Data analysis technique was used t test. The research concluded: (1) there are differences between the learning outcomes of student learning is using model STAD by learning is using model Mind Mapping, from the post-test t value of -5.001 which the value is greater than 1.997. (2) The results of student learning used learning model STAD is higher than the students who used Mind Mapping learning model. It was seen from the calculation of the gain and to test hypotheses, there was a difference. The calculations showed that the value of t -2,607 greater than 1.997 t table.

 

Keywords: learning outcomes, STAD, Mind Mapping



Full Text:

PDF

References


Anwar, Pramukantoro. (2013). Perbandingan Hasil Belajar Antara Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran STAD oada Standart Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X TAV di SMK Negeri 7 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02 (02), 493-500. Diperoleh 14 Januari 2015, dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/3897/44/article.pdf.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brahim, Tresia K. (2007). “Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar”. Jurnal Pendidikan Penabur, Nomor 09/Tahun ke-6/Desember 2007.

Buzan, Tony. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi SMA & MA. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mangajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Faidi, Ahmad. (2013). Tutorial Mengajar untuk Melejitkan Otak Kanan & Kiri Anak. Jogjakarta: Vina Press.

Geminastiti, Asri, Sujana. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus VII Kecamatan Gianyar, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1). Diperoleh 2 Februari 2015, dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/2245/1944.

Lie, Anita. (2007). Cooperative learning. Jakarta: Grasindo.

Nur, Asma. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Ed. 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sinulingga, K & Nadeak, J. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Bunyi di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi, Jurnal Online Pendidikan Fisika, 1 (01), 37-48, ISSN 1301-7651. Diperoleh 3 Februari 2015, dari www.dikfispasca.org/wp.../2013/05/5.-Artikel-Karya-Sinulingga-37-48.pdf.

Totalia, S.A., Hindrayani, A. (2013). SPSS & DEA: Implementasi pada Bidang Pendidikan dan Ekonomi. Yoyakarta: Pohon Cahaya.

Trihendradi, C. (2012). Step by Step SPSS 20: Analisis Data Statistik. Yogyakarta: ANDI.

Winduri, Sutanto. (2013). 1ST Mind Mapping: Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta : Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.