candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN MELALUI KERTAS KERJA

Dhany Efita Sari - -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar Akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Karangpandan, Kabupaten Karanganyar  tahun pelajaran 2012/2013 dengan penerapan pembelajaran Direct Instruction untuk Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian melalui media kertas kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Insruction pada Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian melalui media kertas kerja dapat meningkatkan pemahaman belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Karangpandan, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Siswa yang aktif selama apersepsi menunjukkan peningkatan dari 72,73% pada siklus I menjadi 79,8% pada siklus II. (2) Siswa yang aktif selama pembelajaran berlangsung menunjukkan peningkatan dari 75,76% pada siklus I menjadi 81,82% pada siklus II. (3) Tingkat pemahaman dan ketepatan penjelasan proses pembuatan jurnal penyesuaian yang diamati selama proses diskusi kelompok dan penyajian hasil diskusi melalui presentasi menunjukkan peningkatan dari 76,77% pada siklus I menjadi 85,86% pada siklus II. (4) Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 75,76% pada siklus I menjadi 84,85% pada siklus II.

 

Kata kunci:

Jurnal Penyesuaian, Kertas Kerja

The objective of this research is to improve the Accounting learning understanding of the students in Grade XI of Social Science 2 of State Senior Secondary School of Karangpandan, Karanganyar regency in Academic Year 2012/2013 through the application of the Direct Instruction learning for the Basic Competency of adjustment journal-making through the worksheet media. The research used the classroom action research approach. The result of the research shows that the application of the Direct Instruction learning model on the Basic Competency of Adjustment Journal-Making through the worksheet media can improve the Accounting learning understanding of the students in Grade XI of Social Science 2 of State Senior Secondary School of Karangpandan, Karanganyar regency in Academic Year 2012/2013 as reflected by the following indicators: (1) the percentage of students who are active during the apperception increases from 72.73% in Cycle I to 79.8% in Cycle II; (2) the percentage of students who are active during the learning increases from 75.76% in Cycle I to 81.82% in Cycle II; (3) the percentage of understanding level and the accuracy of the explanation of the adjustment journal-making process observed during the group discussion and the presentation of the result of the discussion increase from 76.77% in Cycle I to 85.86% in Cycle II; and (4) the percentage of the learning result completeness increases from 75.76% in Cycle I to 84.85% in Cycle II.

 

Keyword:

Adjusting Entries, Worksheet



Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 1997. Clasroom Instruction and Management. New York: Mc graw Hill Companies, Inc.

. 2001. Learning to Teach. New York: Mc graw Hill Companies, Inc.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Joyce, Weil, Calhoun. 2009. Models Of Teaching Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muawanah, Umi, dkk. 2008. Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Jilid I. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Muijs, Daniels dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Weygandt, Kieso, Kimmel. 2007. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.