candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Panca Setya Sintang )

Dessy Triana Relita - -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran selama ini kurang mampu membuat siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam ekonomi seperti menabung, menghemat konsumsi, dan menggunakan sumber daya yang terbatas bagi pemenuhan kebutuhan hidup. Pola pembelajaran yang masih sering diterapkan guru adalah pola pembelajaran teacher centered. Sedangkan tuntutan masa kini diperlukan sumber daya manusia yang kritis yang mampu mengelola dan menciptakan sesuatu yang baru dan berdaya guna serta memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode role playing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain true eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X . Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, kuesioner dan pedoman observasi. Analisis hipotesis dengan uji statistik nonparametrik Uji Wilcoxon menggunakan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode role playing dapat diterapkan sebagai salah satu metode pada pembelajaran Ekonomi.

Kata Kunci: Metode Role Playing, Kemampuan Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Akdon. (2008). Aplikasi Statistika Dan Metode Penelitian Untuk Administrasi Dan Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Blatner, Adam. (1995). Role Playing In Education. [Online]. Tersedia:http://www.blatner.com/adam/pdntbk/rlplayedu.htm. Jurnal Internasional [10 Mei 2014].

Filsaime. K. Dennis. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis Dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hasan, S.H. (1996). Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIS, IKIP Bandung.

Joyce. B and Weil. M. (2009). Model Of Teaching. Englewood Cliffs. Prentice Hall. Inc.

Krutetskii, V.A. (1976). The Psychology of Mathematical Abilities in School Children. Chicago: The University of Chicago Press.

Masidjo, Igs. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Munandar, U. (1990). Mengembangkan Bakat dan Kualitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Mulyani Sumantri & Johar Permana (2001), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV. Maulana.

Nasution, S. (1982). Metode Research. Bandung: Jammars.

Nelli. (2004). Reflections on Creative Drama, Process Drama in Education, Theatre-in-Education, and Drama Therapy. (Online). [Tersedia] http://interactiveimprov.com/creativedrama.html., Jurnal internasional. [28 Mei 2010].

Putrayasa, I.B. (2003). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Inkuiri. (Online). Tersedia:http//www.ialf.edu/kipbipa/papers/IB Putrayasa doc. Makalah [30 Agustus 2009].

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. (2008). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Richard. (2007). Role-Playing In Social Studies. [Online]. Tersedia:http://www.mud.co.uk/richard/ifan195.html. Jurnal Internasional [23 Mei 2009].

Ruseffendi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N & Rivai, A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. (1992). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, Sorby. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect

Wahab, Abdul Azis. (2008). Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta

Wijaya, C dan Rusyan T. (1992). Kemampuan Dasar Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Winataputra. S. Udin dan Tita Rosita. (1994). Belajar Dan Pembelajaran. Depdikbud. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zifana, Mahardhika (2014). Model Pembelajaran Role Playing Dalam Pembelajaran. [Online]. Tersedia:http://mahardhikazifana.com/family-education-pendidikan-keluarga/model-role-playing-dalam-aktivitas-pembelajaran.html#more-466). Makalah [4 Juni 2009].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.