candi borobudur kerajaan di indonesia

EDUPRENEUR DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SMK

Brigitta Putri Atika Tyagita - -, Kristiana Hesti Padmini - -

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menganalisa mutu lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di dunia kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif dengan menganalisa data lulusan SMK. SMK adalah suatu pendidikan yang mempersiapkan siswa-siswinya untuk siap terjun dalam dunia kerja sesuai bidang yang dipelajarinya.  Didirikannya SMK bertujuan untuk mempersiapkan lulusan SMK untuk bekerja sesuai keahliannya dan mengembangkan keprofesionalitasan. SMK juga bertujuan untuk menciptakan lulusan yang mampu berdaya saing dan wirausahawan yang produktif, adaptif dan kreatif. Dalam mendukung lulusan SMK yang mampu berwirausaha, maka diberikanlah pendidikan kewirausahaan yang sejalan dengan kurikulum SMK. Pendidikan kewirausahaan ini diterapkan untuk membangun jiwa wirausaha para siswa SMK dan membantu para siswa SMK untuk mampu berwirausaha dan tidak lagi tergantung pada perusahaan tertentu untuk bekerja. Hasil analisis menunjukkan, pendidikan kewirausahaan yang dilaksanakan di sekolah dirasa masih kurang, sehingga banyak lulusan SMK yang belum mampu berwirausaha, atau mereka mampu berwirausaha setelah mereka bekerja beberapa tahun di suatu tempat usaha. Dari hasil analisis ini didapatkan beberapa usulan yaitu, pendidikan kewirausahaan di SMK lebih diperdalam atau diadakannya ekstrakurikuler kewirausahaan yang menunjang pendidikan kewirausahaan yang ada disekolah. Selain itu, diberikan tambahan pendidikan pemasaran, sehingga siswa mampu memasarkan usahanya dengan baik di masyarakat. Selain itu, peran guru juga berpengaruh terhadap kemandirian siswa, sehingga guru juga harus mendorong dan memotivasi siswa untuk dapat mandiri dan berwirausaha.

 

Kata Kunci           : SMK, wirausaha, daya saing, kesempatan kerja


Full Text:

PDF

References


Adi, A. S. (2011, April 4th). Membangun Jiwa Wirasusah Siswa SMK. Retrieved October 14, 2015, from aniesmedia.blogspot.co.id: http://aniesmedia.blogspot.co.id/2011/04/membangun-jiwa-wirausaha-siswa-SMK.html

Dr. H. A. Rusdiana, D. M. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Entrepreneurship in Vocational Education adn Training. (2009). European Commison; Final report of the Expert Group .

Kemendiknas, P. K. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Badan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai BUdaya untuk membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta.

Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan di Gunungkidul2013Jurnal Pendidikan Vokasi 347-358

Khairul, I. (2015, September 20). Retrieved October 15, 2015, from http://www.kompasiana.com/issonkhairul/menyemai-jiwa-wirausaha-selagi-muda

Kompas. (2014, Novmber 2014). Retrieved Oktober 15, 2015, from kompas.com: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/05/152900626/BPS.Lulusan.SMK.Paling.Banyak.yang.Menganggur

Kurnia, D. (2014, June 4th). Retrieved October 15, 2015, from Suaraurabaya.net: http://www.suarasurabaya.net/fokus/224/2014/125340-Lulusan-SMK-Juga-Bisa-Sukses

(2014). Lulusan SMK Paling Banyak Mengangur. Jakarta: Kompas.com.

Murtiningrum. (2011). Persepsi Stakeholder terhadap Kompetensi Profesional Siswa pada Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Lima SMK di Kabupaten Temanggung. Salatiga.

Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005.

Priastuti, L. (2011). Sikap Kewirausahaan Siswa Program Keahlinan Pemasaran di SMK Negeri 2 Temanggung. Salatiga.

Subijanto. (2012). Analisis Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuaruan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.18, NO. 2 , 164.

Suyitno, A. (2013). Paper Pendidikan Kewirausahaan: Teori dan Praktik.

(2003 ). Undang - Undang No.2 .

Undang-undang No.20 tahun 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.